Sukses

Laporkan Perkembangan Situasi Konflik Iran-Israel, Menlu Retno Temui Wapres Ma'ruf Amin

Menlu menampik secara tegas adanya pemberitaan bahwa Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Istana Wapres, Rabu (17/04/2024). 

Menurut Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi, Menlu melaporkan situasi terkini terkait konflik Iran - Israel yang baru-baru ini mengemuka dan peran Indonesia dalam upaya meredam konflik tersebut.  

“Bu Menlu melaporkan progres apa yang dikerjakan oleh Bu Menlu terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintah Indonesia terhadap berbagai negara, bagaimana termasuk pada Iran yang menjadi fokus agar tidak terjadi perang, agar tidak terjadi pembalasan dari pihak Israel,” ungkap Jubir dalam keterangan persnya. 

Selain itu, lanjut Masduki, Menlu juga melaporkan pada Wapres mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Menlu menampik secara tegas adanya pemberitaan bahwa Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.  

“Jadi tidak benar sebagaimana yang diberitakan yang menyatakan bahwa sudah ada kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia,” tegas Masduki.

“Jadi Bu Menlu melaporkan kepada Bapak Wapres bahwa Indonesia tetap konsisten berada di jalur itu dan akan terus konsisten dalam pemerintahan ini,” imbuhnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wapres Dukung Langkah Indonesia

Menurut Masduki, Ma’ruf mendukung sepenuhnya langkah Indonesia tersebut, termasuk dalam upaya meredakan konflik Israel - Palestina melalui kesepakatan Two State Solution.

“Itu didukung sepenuhnya oleh Bapak Wapres untuk terus konsisten Two State Solution adalah final, tidak akan berubah. Itu saya kira yang menjadi prinsip, yang menjadi perintah juga dari Wapres untuk terus diperjuangkan,” pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini