Sukses

Bunga Bangkai Akan Mekar di Kebun Raya Cibodas

Bunga Bangkai atau Amorphophallus Titanum Becc di Kebun Raya Cibodas diprediksi akan mekar sempurna akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bunga Bangkai atau Amorphophallus Titanum Becc di Kebun Raya Cibodas diprediksi akan mekar sempurna akhir pekan ini.

Amorphophallus titanum Becc satu di antara sebelas koleksi bunga bangkai yang tumbuh di area koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas.

Bunga bangkai merupakan tumbuhan langka dan dilindungi yang memiliki siklus mekar sempurna setiap empat tahun sekali.

"Diprediksi bunga bangkai ini akan mekar sempurna tidak lama lagi pada minggu ini," kata Kepala Koordinator Hortikultura Pengelola Kebun Raya Cibodas, Latif, Rabu (17/4/2024).

Tumbuhan dari famili talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra itu memiliki potensi menjadi bunga bangkai tertinggi yang tumbuh di Indonesia. Sebab berasal dari indukan bunga bangkai yang tingginya lebih dari empat meter.

Koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas ini berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat.

Warna bunga bangkai sangat indah dengan panorama merah maroon pekat, walaupun mengeluarkan bau tak sedap ketika mekar sempurna bunga bangkai ini sangat cantik dan memesona.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kado Ulang Tahun

Berdasarkan hasil pemantauan, koleksi bunga bangkai dengan nomor koleksi 76, mulai keluar kuncup fase awal pertumbuhannya 20 cm setiap Minggu.

"Dan terus bertambah 10 cm setiap minggunya hingga saat ini tingginya sudah mencapai 3 meter. Jadi kemungkinan saat mekar sempurna nanti tingginya bisa lebih dari 3 meter," terangnya.

General Manager Kebun Raya Cibodas, Joko Sulistio mengatakan akan mekarnya bunga bangkai di penghujung bulan April ini menjadi salah satu kado ulang tahun Kebun Raya Cibodas. Dimana pada 11 April tahun 2024 ini merupakan hari jadi Kebun Raya Cibodas yang ke 172 tahun.

"Jika dilihat dari hasil data pengamatan yang dilakukan, semoga bunga bangkai yang akan mekar pada tahun ini bisa lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Bunga bangkai tersebut terakhir berbunga bulan Maret 2020 dengan tinggi mencapai 291 cm dengan diameter kelopak (spatha) 119 cm," imbuhnya. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.