Sukses

AHY Akan Sholat Idul Fitri di Cikeas Bareng SBY, Lalu Ikut Open House Jokowi di Istana

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, Wapres Ma'ruf Amin, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju akan melaksanakan sholat Idul Fitri 1445 H/2024 M di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY direncanakan melaksanakan sholat Idul Fitri bersama Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, pada Rabu 10 April 2024.

"Mas AHY akan mendampingi Presiden ke-6 RI Pak SBY sholat id di Cikeas. Setelah itu, baru merapat ke Istana mengikuti Open House bersama Bapak Presiden Joko Widodo," kata Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Lebih lanjut, Herzaky mengatakan, setelah melaksanakan sholat Idul Fitri, AHY akan mengikuti acara open house Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Siang akan mengikuti open house Bapak Presiden di Istana Negara juga bersama menteri-menteri lain," ucap dia.

Herzaky menilai, momentum Hari Raya Idul Fitri menjadi penting bagi bangsa dan negara untuk merajut kembali persatuan dan kesatuan yang sempat renggang akibat perbedaan politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saling memaafkan. Mendoakan satu sama lain. Harapannya, sebagai bangsa, kita kembali bersama membangun negeri, apapun perbedaan kita di Pemilu 2024 lalu," ucap dia.

"Inilah kekuatan kita sebagai bangsa Indonesia. Kita punya momentum lebaran, idul fitri, untuk saling memaafkan dan memperkuat silaturahmi," imbuh Jubir Partai Demokrat ini.

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi, Iriana, dan Ma'ruf Amin Akan Sholat Id di Istiqlal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan melaksanakan salat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Wapres Ma'ruf Amin para pejabat negara, hingga duta besar negara sahabat juga akan menunaikan salat Idul Fitri di lokasi yang sama

"Rencananya Bapak Presiden dan Ibu, begitu juga Wapres dan Ibu, serta para pejabat, dan duta besar akan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal," kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Dia mengatakan protokoler Istana telah melakukan sejumlah persiapan agar pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dapat berjalan aman, nyaman, dan khusyuk. Yusuf juga memastikan pengisi imam sholat hingga pengisi ceramah untuk salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal sudah disiapkan.

"(Imam) sudah ada. Ceramah, khatib, isi khotbah semuanya sudah ada," ujarnya.

Menurut dia, beberapa menteri kabinet dan ketua lembaga negara juga direncanakan salat Idul Fitri bersama Jokowi-Ma'ruf di Masjid Istiqlal. Terlebih, ini momen Lebaran terakhir Jokowi sebagai presiden.

3 dari 3 halaman

Jokowi Gelar Open House di Istana Jakarta

"Karena ini sepertinya semua akan kangen kembali untuk salat Idul Fitri berjamaah pasca pandemi ini semua sudah berjalan normal. Banyangan kami nanti para pejabat juga akan hadir banyak di Istiqlal," jelas Yusuf.

Usai salat Idul Fitri, Jokowi akan menggelar open house di Istana Negara Jakarta. Nantinya, pejabat negara dan masyarakat umum dapat hadir langsung untuk bersilaturahmi dengan Jokowi di momen Lebaran 2024.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," tutur Yusuf.

Kendati begitu, dia menyampaikan waktu open house Jokowi akan dibatasi sebelum sore hari. Yusuf pun menyarankan masyarakat untuk datang lebih awal ke Istana Kepresidenan Jakarta.

"Waktunya tidak sampai sore karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yg hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama. Kami menyarankan bagi yang ingin hadir tentu saja lebih awal lebih baik," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini