Sukses

5 Fakta Aktor Donny Kesuma Meninggal Dunia Akibat Lemah Jantung pada Selasa 19 Maret 2024

Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan tanah air. Pada Selasa 19 Maret 2024, Aktor Donny Kesuma meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan tanah air. Pada Selasa 19 Maret 2024, Aktor Donny Kesuma meninggal dunia. Sebelum mengembuskan nafas terakhir, Donny Kesuma sempat menjalani perawatan medis akibat lemah jantung.

Kabar duka Donny Kesuma meninggal dunia disampaikan langsung oleh Ferry Maryadi melalui akun instagram terverifikasinya, Selasa 19 Maret 2024. Dalam unggahannya, Ferry mengunggah foto aktor bertubuh atletis itu menggunakan kemeja berwarna oranye.

"semoga husnul khotimah kangDon, pileuleuyan," tulis Ferry dalam unggahan foto tersebut, Selasa 19 Maret 2024.

"pileuleuyan kangDon😫😫😫," sambung Ferry sebagai status teks unggahannya di akun Instagram.

Kronologi Donny Kesuma meninggal dunia disampaikan sang anak Ghassan Indira Kesuma. Dia mengatakan, sang ayah meninggal dunia akibat lemah jantung.

Ia menyebut, pihak keluarga mulanya menarik napas lega saat tim dokter menurunkan dosis obat karena kondisi pasien dinilai membaik.

Tetapi pada Selasa 19 Maret 2024, kondisi kesehatannya drop lagi. Setelahnya, Donny Kesuma meninggal dunia. Ia menjalani pemasangan ring sejak 2015. Hari itu, jam 16.30, Ghassan Indira Kesuma dikabari kakaknya agar bergegas ke rumah Sakit.

"Bahwa alhamdulillah, cukup membaik progress-nya. Dosis obat mulai diturunin. Namun mungkin Allah bertakdir lain. Aku setelah pulang kampus sampai rumah jam 3. Setengah 5 dikabari sama kakakku. Katanya: Tolong ke sini, papa nge-down lagi," kata Ghassan Indira Kesuma.

Ghassan Indira Kesuma membeberkan, tiba di rumah sakit, ia mendapati fakta dosis obat Donny Kesuma dikembalikan seperti semula. Lalu, fase kritis datang. Dokter memutuskan melakukan pompa jantung manual.

Sementara itu sebelumnya, Donny Kesuma sendiri masih terlihat aktif di akun media sosialnya sampai beberapa hari lalu. Unggahan terakhirnya dibagikan pada Selasa 12 Maret 2024, memperlihatkan ia wefie dengan para suster yang merawatnya saat sakit.

"Terima kasih para suster yang telah membantu saya tanpa henti. Semoga Tuhan selalu memberkati para suster dengan berkah yang tiada hentinya. Juga, Dr Hendra Kuncoro dan Dr Ike spesialis jantung. MAY GOD ALWAYS BLESS YOU," tulis Donny menyertai unggahannya yang penuh senyuman.

Berikut sederet fakta terkait kabar duka Donny Kesuma meninggal dunia pada Selasa 19 Maret 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kabar Duka Disampaikan Melalui Media Sosial

Aktor Donny Kesuma meninggal dunia. Informasi ini disampaikan langsung oleh Ferry Maryadi melalui akun Instagram terverifikasinya, Selasa, 19 Maret 2024.

Dalam unggahannya, Ferry mengunggah foto aktor bertubuh atletis itu menggunakan kemeja berwarna oranye.

Suami Deswita Maharani menuliskan kalimat bernada kehilangan di unggahan foto Donny Kesuma.

"semoga husnul khotimah kangDon, pileuleuyan," tulis Ferry dalam unggahan foto tersebut, Selasa 19 Maret 2024.

"pileuleuyan kangDon😫😫😫," sambung Ferry sebagai status teks unggahannya di akun Instagram.

 

3 dari 6 halaman

2. Kronologi Donny Kesuma Meninggal Dunia

Anak Donny Kesuma, Ghassan Indira Kesuma membeberkan kronologi sang ayah meninggal dunia akibat lemah jantung. Ia menyebut, pihak keluarga mulanya menarik napas lega saat tim dokter menurunkan dosis obat karena kondisi pasien dinilai membaik.

Selasa 19 Maret 2024, kondisi kesehatannya drop lagi. Setelahnya, Donny Kesuma meninggal dunia. Ia menjalani pemasangan ring sejak 2015. Hari itu, jam 16.30, Ghassan Indira Kesuma dikabari kakaknya agar bergegas ke rumah Sakit.

"Bahwa alhamdulillah, cukup membaik progress-nya. Dosis obat mulai diturunin. Namun mungkin Allah bertakdir lain. Aku setelah pulang kampus sampai rumah jam 3. Setengah 5 dikabari sama kakakku. Katanya: Tolong ke sini, papa nge-down lagi," kata Ghassan.

Ghassan Indira Kesuma membeberkan, tiba di rumah sakit, ia mendapati fakta dosis obat Donny Kesuma dikembalikan seperti semula. Lalu, fase kritis datang. Dokter memutuskan melakukan pompa jantung manual.

Melansir video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa 19 Maret 2024, Ghassan Indira Kesuma menjelaskan, pompa jantung manual dilakukan tim medis berdasarkan kesepakatan dengan pihak keluarga.

"Aku langsung buru-buru ke sana ternyata di sana sudah dikasih obat, dikembalikan dosis yang paling tinggi lagi. Itu tidak bisa ditinggikan lagi. Akhirnya kami beberapa menit melihat tensinya. Itu mungkin dokter yang lebih mengerti," Ghassan Indira Kesuma menyambung.

"Akhirnya 20 menit terakhir, keluarga dan dokter sepakat untuk melakukan pompa manual pada jantungnya. Namun sudah 20 menit, sayangnya Papa enggak bisa ketolong," sambung dia.

Kondisi Donny Kesuma menurun sejak 16 Maret 2024. Bintang sinetron Bidadari yang Terluka berjuang melawan penyakit jantung sejak 2015. Ketegarannya melawan penyakit menginspirasi keluarga.

Sempat dirawat intensif di ruang ICU Rumah Sakit Primaya Bekasi, Donny Kesuma akhirnya berpulang. Keluarga legawa menerima takdir tak merayakan Lebaran 2024 bersama aktor kelahiran Bandung, 6 Juni 1998.

"Sakit jantungnya sebenarnya sudah dari 2015. Mulai dipasang ring. Ya, kita semua keluarga menyaksikan di dalam ruangan tersebut," cetus Ghassan Indira Kesuma.

"Tadinya kita harusnya happy akan melakukan Lebaran mau pergi-pergi, sudah bikin rencana," tutupnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Donny Kesuma Sempat Unggah Foto

Dunia hiburan Indonesia kembali dirundung duka dengan berpulangnya Donny Kesuma di usia 55 tahun. Kabar Donny Kesuma meninggal dunia dibagikan langsung rekan aktornya, Ferry Maryadi, melalui akun Instagram-nya, Selasa 19 Maret 2024.

Donny sendiri masih terlihat aktif di akun media sosialnya sampai beberapa hari lalu. Unggahan terakhirnya dibagikan pada Selasa, 12 Maret 2024, memperlihatkan ia wefie dengan para suster yang merawatnya saat sakit.

Sebagaimana diketahui, mantan atlet softball itu memang sempat menjalani perawatan medis akibat lemah jantung.

Keterangan foto yang memperlihatkan Donny tersenyum itu berbunyi, "Terima kasih para suster yang telah membantu saya tanpa henti. Semoga Tuhan selalu memberkati para suster dengan berkah yang tiada hentinya. Juga, Dr Hendra Kuncoro dan Dr Ike spesialis jantung. MAY GOD ALWAYS BLESS YOU."

 

5 dari 6 halaman

4. Donny Kesuma Sempat Mengeluh Via Telepon

Salah satu anak Donny Kesuma, Ghassan Indira Kesuma, membeberkan detik-detik sebelum ayahnya dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis akibat lemah jantung.

Sayang, takdir berkata lain. Donny Kesuma meninggal setelah kondisi kesehatan drop lalu jantungnya dipompa secara manual. Ghassan Indira Kesuma menjelaskan detik-detik ayahnya dilarikan ke rumah sakit.

"Tanggal 16 Maret itu mengeluhkan sakit. Kronologinya, dia menelepon. Itu kejadian setelah sahur. Papa menelepon ke semua anggota keluarga karena papa saat itu kamarnya dipisah untuk lebih tenang," kata Ghassan.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Ghassan Indira Kesuma menyebut Donny Kesuma minta tolong via telepon karena sudah tidak kuat lagi.

"Yang angkat itu Mama. Mama angkat terus respons Papa begini: Tolong dong enggak kuat, ingin segera diobati. Akhirnya setelah itu bergegas kita semua ke rumah sakit untuk dilakukan pengobatan," Ghassan Indira Kesuma menerangkan.

Dirawat intensif di ruang ICU Rumah Sakit Primaya Bekasi selama beberapa hari, Donny Kesuma akhirnya berpulang. Keluarga legawa menerima takdir tak merayakan Lebaran 2024 bersama sang aktor.

 

6 dari 6 halaman

5. Jenazah Donny Kesuma Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Donny Kesuma meninggal dunia di Rumah Samit Primaya, Bekasi Barat, pada Selasa, 19 Maret 2024 pukul 19.19 WIB. Donny Kesuma meninggal dunia setelah menjalani perawatan karena lemah jantung yang dideritanya.

Saat ini jenazah Donny Kesuma disemayamkan di rumah duka di Kawasan Galaxy, Bekasi Barat. Berdasarkan informasi, jenazah Donny Kesuma akan dimakamkan besok, Rabu 20 Maret 2024, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Hal itu diungkap Ghassaan Indira Kesuma, anak kedua Donny Kesuma. Saat diwawancara, Ghassaan sendiri belum mengetahui detail prosesi pemakaman, termasuk waktu jenazah ayahnya akan diberangkatkan ke peristirahatan terakhir.

"Penguburan aku belum dapat konfirmasi, tapi sejauh ini rencana dikuburkan di TPU Tanah Kusir. (Jamnya) belum tahu," ungkap Ghassaan Indira Kesuma di rumah duka, Kawasan Galaxy, Bekasi Barat, Selasa malam 19 Maret 2024.

Sementara itu, setelah disemayamkan di rumah duka, kawasan Galaxy, Bekasi Barat, jenazah Donny Kesuma dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta pada Rabu (20/3/2024).

Iring-iringan jenazah tiba di lokasi pemakaman sekitar pukul 11.20 WIB. Bahkan sejumlah peziarah sudah hadir sebelum jenazah Donny Kesuma tiba di lokasi pemakaman.

Ketiga anak laki-laki Donny Kesuma lantas turun ke liang lahat guna mengantarkan jenazah Donny ke peristirahatan terakhirnya. Jenazah Donny dimakamkan satu pusara dengan mendiang ayahandanya, Rommel Hudayat.

Isak tangis pun mengiringi pemakaman Donny Kesuma. Bahkan mantan istri almarhum, Yuni Indriyati, tak kuasa menahan tangisnya ketika jenazah Donny dimasukkan ke dalam liang lahat.

Sementara ketiga putra Donny tampak lebih tegar di momen itu. Setelahnya, keluarga dipersilahkan menaburkan bunga sebelum liang lahat Donny tertutup gundukan tanah merah. Kemudian, tahlil dan doa dipanjatkan pelayat yang hadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.