Sukses

Unggahan Terakhir Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia, Ucapkan Terima Kasih pada Para Suster

Kabar Donny Kesuma meninggal dunia dibagikan langsung rekan aktornya, Ferry Maryadi, melalui akun Instagram-nya, Selasa, 19 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan Indonesia kembali dirundung duka dengan berpulangnya Donny Kesuma di usia 55 tahun. Kabar Donny Kesuma meninggal dunia dibagikan langsung rekan aktornya, Ferry Maryadi, melalui akun Instagram-nya, Selasa, 19 Maret 2024, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com.

Donny sendiri masih terlihat aktif di akun media sosialnya sampai beberapa hari lalu. Unggahan terakhirnya dibagikan pada Selasa, 12 Maret 2024, memperlihatkan ia wefie dengan para suster yang merawatnya saat sakit. Sebagaimana diketahui, mantan atlet softball itu memang sempat menjalani perawatan medis akibat lemah jantung.

Keterangan foto yang memperlihatkan Donny tersenyum itu berbunyi, "Terima kasih para suster yang telah membantu saya tanpa henti. Semoga Tuhan selalu memberkati para suster dengan berkah yang tiada hentinya. Juga, Dr Hendra Kuncoro dan Dr Ike spesialis jantung. MAY GOD ALWAYS BLESS YOU."

Kini, ungkapan itu menandai kehadiran online terakhir sang aktor layar lebar. Kolom komentar foto tersebut sekarang dipenuhi ucapan duka dan doa-doa baik untuk mengantar Donny menuju ketenangan abadi. "Semoga husnul khotimah kang Don 😢," tulis Ferry Maryadi.

Aktris senior Firdha Razak berkomentar, "Innalillahi Wainna Illaihi Rojiun... Semoga Almarhum Donny Kesuma meninggal dalam keadaan Husnul Khotimah. Turut berduka cita yang se dalam2nya, bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan.. Alfatehah.. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin."

"Selamat jalan mas Donny. Semoga husnul khotimah," kata seorang warganet mendoakan mendiang Donny Kesuma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Anak Donny Kesuma

Sebelumnya, anak Donny Kesuma, Ghassaan Indira Kesuma, mengungkap kronologi ayahnya dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan intensif. Sebelumnya, Donny memang sempat dirawat, dan sudah diperbolehkan pulang.

Namun setelah di rumah, kondisi Donny kembali menurun. Walhasil, keluarga memutuskan membawa Donny ke rumah sakit di daerah Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu, 16 Maret 2024.

"Jadi kronologinya papa setelah pulang dari RS yang di Salemba itu, yaitu Rumah Sakit Carolus, papa sudah diperbolehkan pulang karena hasil tes lab darahnya itu normal," ungkap Ghassaan lewat Zoom pada kanal Showbiz Liputan6.com, Minggu, 17  Maret 2024.

Ia melanjutkan, "Setelah dua, tiga hari ke depan, ternyata papa masih lemas sampai akhirnya kemarin tanggal 16 Maret (2024) jam 7, papa nelepon minta dianterin ke rumah sakit karena papa bilang papa sudah enggak kuat ingin ke rumah sakit. Minta diobatin sesegera mungkin karena sudah sangat lemas."

Ghassaan menyebut, ayahnya memang memiliki jadwal kegiatan yang sangat padat, terutama di malam hari. Hal itu membuat kualitas istirahat Donny terganggu.

3 dari 4 halaman

Diminta Kurangi Aktivitas

Ghassaan berkata, "Orang sehat pun jika kualitas tidurnya terganggu mungkin dapat sakit, apalagi papa yang sudah ada penyakit seperti ini malah tetap beraktivitas pada malam hari."

Ia mengaku sudah sering mengingatkan ayahnya mengurangi aktivitas. Namun, Donny selalu menganggap dirinya dalam kondisi sehat, sehingga tidak menghiraukan peringatan tersebut.

"Siapa sih yang mau orangtuanya sakit? Jadi kita sudah sering kasih tahu, tapi masih ada sedikit sikap rebel dari papa. (Dia bilang) 'Enggak apa-apa kok papa aman aman,' tapi ujung-ujungnya malah gini. Itu yang paling kita takutkan," ungkapnya.

Ghassaan juga menyayangkan sikap Donny yang tidak memerhatikan pola makannya, padahal berdasarkan keterangan dokter, ia mengalami gangguan pada ginjal dan lambung.

"Jadi sebenernya yang memicu papa masuk ke rumah sakit sampai masuk ICU (itu karena) tidak menerima makanan. Jadi papa sudah tidak nafsu makan. Akhirnya makanannya itu dialihkan melalui infus," ucap Ghassaan.

4 dari 4 halaman

Bantah Kena Serangan Jantung

Ghasssan sebelumnya telah menbantah ayahnya terkena serangan jantung. "Jantungnya jadi lemah, tapi bukan kayak serangan tiba-tiba gitu. Jadi mungkin isunya (serangan jantung) tidak 100 persen benar," sebut dia, menambahkan bahwa Donny telah menderita penyakit jantung sejak 2015.

Ia melanjutkan, "Awal kena penyakit jantung itu 2015. Akhirnya diputuskan memakai ring dalam satu jalur di jantungnya."

Ghassaan juga membenarkan foto ayahnya yang tersebar, di mana ia sedang terbaring di ruangan rumah sakit. Namun, ia meminta agar foto tersebut dihapus dan tidak disebarluaskan di media sosial.

Saat itu, ia menyebut ayahnya belum sadarkan diri karena efek obat bius yang diberikan dokter. "Jadi sebenarnya efek obat bius itu ditujukan agar papa, ayah saya, dipaksa untuk istirahat gitu," ucap Ghassaan.

Kabar Donny serangan jantung sebelumnya disampaikan komedian Jio Jimmy lewat akun Instagram pribadinya. "Mohon doanya om-om dan tante-tante beserta teman-teman softball semuanya. Donny Kesuma saat ini di ICU karena serangan jantung setelah tadi pagi dilarikan ke UGD Carolus," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini