Sukses

7 Perusahaan BUMN hingga Kementerian yang Siapkan Program Mudik Gratis 2024

Pada 2024 ini, sejumlah kementerian kembali mengadakan program Mudik Gratis. Salah satunya ada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang pada hari ini, Senin (4/3/2024) membuka pendaftaran Mudik Gratis 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2024 ini, sejumlah kementerian kembali mengadakan program Mudik Gratis. Salah satunya ada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang pada hari ini, Senin (4/3/2024) membuka pendaftaran Mudik Gratis 2024.

Pendaftaran ini akan berlangsung hingga 18 April 2024. Tak hanya itu, untuk pengangkutan kendaraan mudik motor gratis akan dimulai pada 2-8 April 2024. Sementara untuk pengangkutan arus balik dilakukan pada 13-19 April 2024.

Masyarakat bisa mendaftar mudik gratis Lebaran 2024 melalui website resmi yakni mudikgratis.dephub.go.id.

Selain itu, masyarakat juga bisa mendaftar secara langsung di 18 stasiun kereta api yang telah ditetapkan yakni Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tanggerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, dan Kutoarjo.

Lalu Stasiun Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.

"Tujuan motis ini untuk menekan pemudik dengan kendaraan sepeda motor," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Arif Anwar.

Tak hanya Kemenhub, Kementerian BUMN juga turut memeriahkan program Mudik Gratis 2024. Melalui program Mudik Asyik Bersama BUMN seperti yang disampaikan IFG, total disiapkan kuota untuk 80.215 pemudik dengan berbagai moda transportasi.

"BUMN akan mengakomodasi 55.607 pemudik menggunakan 1.225 bus," mengutip dari akun Instagram @indonesiafinancialgroup, Minggu 3 Maret 2024.

Salah satu pelopor inisiatif Mudik Asyik ini adalah PT Pertamina (Persero), yang telah secara resmi mengumumkan partisipasinya melalui unggahan di akun Instagram resminya @pertamina.

Meskipun belum terdapat tanggal resmi dan persyaratan pendaftaran, Pertamina mengajak masyarakat untuk bersiap-siap mengikuti Mudik Asyik bersama BUMN 2024, sekaligus memperingatkan agar tetap waspada terhadap potensi penipuan dan fraud.

Berikut sederet perusahaan BUMN hingga kementerian yang menyiapkan Mudik Gratis 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Pertamina

Salah satu pelopor inisiatif Mudik Asyik adalah PT Pertamina (Persero), yang telah secara resmi mengumumkan partisipasinya melalui unggahan di akun Instagram resminya @pertamina.

Meskipun belum terdapat tanggal resmi dan persyaratan pendaftaran, Pertamina mengajak masyarakat untuk bersiap-siap mengikuti Mudik Asyik bersama BUMN 2024, sekaligus memperingatkan agar tetap waspada terhadap potensi penipuan dan fraud.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, Pertamina sukses menggelar mudik gratis dengan melibatkan 3.000 pemudik. Sebanyak 64 unit bus melayani para pemudik dengan menempuh 17 rute yang meliputi perjalanan dari Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Yogyakarta, hingga Surabaya.

 

3 dari 8 halaman

2. IFG

Melalui pengumuman yang diposting pada akun Instagramnya, Indonesia Financial Group (IFG) sebagai salah satu anak dari BUMN bersama dengan 10 anggota holdingnya akan berpartisipasi pada ketersediaan moda transportasi mudik gratis 2024.

Jadwal flag off mudik khusus moda transportasi bus akan dilakukan pada 3 April 2024 di Istora Senayan, dan 5 April 2024 di Silang Monas. Namun, belum ada informasi lebih detil kapan proses pendaftaran dibuka, berikut rute mudiknya.

 

4 dari 8 halaman

3. PNM

BUMN lainnya yang turut serta dalam memberikan akses mudik gratis yakni PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Pendaftaran untuk program Mudik Asyik PNM dibuka mulai 1-15 Maret 2024.

Program ini khusus ditujukan untuk nasabah, karyawan, dan keluarga karyawan PNM. Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir online yang tersedia melalui tautan https://forms.gle/ pfJmNEnw9Ai61ubK8.

Rute perjalanan yang ditawarkan oleh PNM melibatkan destinasi menarik di bagian utara dan selatan Pulau Jawa. Rute utara mencakup perjalanan dari Jakarta ke Subang, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, hingga Semarang.

Selain itu, tersedia juga rute dari Jakarta ke Kudus, Rembang, Lamongan, dan Surabaya. Sementara itu, rute selatan mencakup perjalanan dari Jakarta ke Bandung, Tasikmalaya, Kebumen, Yogyakarta, Solo, hingga Jakarta ke Cilacap, Pacitan, Jombang, Blitar, dan Surabaya.

 

5 dari 8 halaman

4. Bio Farma

Bio Farma juga membuka peluang bagi masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan mudik gratis melalui program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024. Dalam program Mudik Asyik ini, Bio Farma berencana untuk mengirimkan sebanyak 10 bis dengan memberikan dua pilihan rute kepada pemudik.

Rute pertama, yang disebut rute utara, mencakup perjalanan dari Bandung menuju sejumlah kota melibatkan Exit Tol Brebes Barat (Brebes), Exit Tol Adiwera (Tegal), Exit Tol Bojong (Pekalongan), hingga Terminal Giri Adipura Wonogiri.

Sedangkan rute Selatan melibatkan perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta dengan melewati kota-kota seperti Madjenang, Wangon, Cilacap, dan sejumlah destinasi menarik lainnya.

 

6 dari 8 halaman

5. DAMRI

Tak mau kalah, Perum DAMRI siap mendukung penyelenggaraan mudik gratis bersama BUMN dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

Corporate Secretary DAMRI Chrystian R. M Pohan mengatakan, kolaborasi pihaknya dengan para instansi BUMN bertujuan memberikan akses transportasi yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat yang merayakan Lebaran 2024 di kampung halaman. 

"DAMRI siap menyediakan lebih dari 250 unit armada yang handal dan nyaman untuk mendukung program mudik gratis bersama BUMN. Kami pun melakukan kerja sama dengan sejumlah mitra usaha dalam penyediaan armada guna mengantisipasi adanya lonjakan permintaan pasar," ujar Pohan, Sabtu 2 Maret 2024.

Pohan melanjutkan, DAMRI berkomitmen menyediakan layanan transportasi jalan yang berkualitas, serta menjaga standar keselamatan dan kenyamanan penumpang selama perjalanan mudik. 

Sebagai penyedia sarana dan prasarana, ia berkomitmen untuk melayani seluruh lapisan masyarakat. Ini karena akan dihadirkan layanan DAMRI dengan bus reguler dan khusus disabilitas.

"DAMRI mengajak seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk memanfaatkan program mudik gratis dari BUMN penyelenggara, seperti Jasa Raharja, Pertamina, dan IFG sebagai sarana transportasi yang handal dan terpercaya," tuturnya. 

"Melalui dukungan dari DAMRI dan BUMN, diharapkan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan berkesan bersama keluarga di kampung halaman," pungkas Pohan.

 

7 dari 8 halaman

6. Kemenhub Untuk Mudik Pengendara Motor

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan tegas menyatakan setiap kendaraan mudik gratis untuk motor melalui transportasi kereta api diwajibkan nama di STNK sesuai dengan identitas KTP pemilik kendaraan.

"Kalau STNK nya beda dengan KTP boleh tidak Pak ? Yang diperbolehkan adalah KTP asli, STNK asli, KK (Kartu Keluarga) asli dengan satu identitas," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar dikutip dari Antara, Sabtu 2 Maret 2024.

Arif menyampaikan hanya akan melayani mudik motor gratis jika motor tersebut memiliki surat-surat lengkap yakni STNK yang sesuai dengan identitas pemiliknya atau yang membawa kendaraan tersebut.

Sehingga bagi kendaraan yang sudah berpindah kepemilikan dan belum melakukan balik nama, maka tidak bisa mendapatkan fasilitas layanan mudik motor gratis Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah dari kereta api.

"Buktinya balik nama apa, kan kami enggak bisa membuktikan apakah itu sudah dibeli atau belum," ucap Arif.

Arif menegaskan kebijakan tersebut diterapkan sebagai langkah preventif untuk menghindari kejadian tidak diinginkan seperti kehilangan motor.

"Misalkan motornya atas nama istrinya, kan KTP istri juga ada bahkan di kartu keluarganya juga ada nama istrinya. Jadi, jangan khawatir kenapa kami meminta KTP asli kakak asli dan STNK asli dengan satu nama, maksudnya adalah agar tidak disalahgunakan dan memperkecil kemungkinan motor hilang dan sebagainya," kata dia.

Dia menuturkan bahwa pentingnya konsistensi antara data pemilik motor yang tercantum dalam STNK, KTP, dan KK untuk menjaga keamanan dan mencegah penyalahgunaan.

"Jadi sebenarnya ini untuk keamanan juga. Misalnya motornya telat datangnya nah pada saat mau diambil harus membawa dokumen asli, kalau STNK yang ditunjukkan beda dengan nama di KTP. Tolong yang ambil yang namanya dong yang sesuai STNK," tambah Arif.

 

8 dari 8 halaman

7. Kemenhub Siapkan Mudik dengan Kereta dan Bus

Pendaftaran mudik gratis akan dumulai pada hari ini Senin (4/3/2024). Pendaftaran mudik gratis 2024 iniakan berlangsung hingga 18 April 2024. Untuk pengangkutan kendaraan mudik motor gratis akan dimulai pada 2-8 April.

Sementara untuk pengangkutan arus balik dilakukan pada 13-19 April 2024. Masyarakat bisa mendaftar mudik gratis Lebaran 2024 melalui website resmi yakni mudikgratis.dephub.go.id.

Selain itu, masyarakat juga bisa mendaftar secara langsung di 18 stasiun kereta api yang telah ditetapkan yakni Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tanggerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, dan Kutoarjo.

Lalu Stasiun Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.

"Tujuan motis ini untuk menekan pemudik dengan kendaraan sepeda motor," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, DJKA Kemenhub, Arif Anwar.

DJKA juga menyebut orang yang bisa menumpangi kereta hanya dua orang dari motor yang akan diangkut yaitu pengendara dan pembonceng. Lebih dari itu diperbolehkan dengan catatan orang ketiga merupakan anak di bawah usia 2 tahun.

Kuota mudik motor gratis Lebaran 2024 mencapai 12.180 unit sepeda motor. Sedangkan, kuota untuk penumpang sebesar 28.196 per orang.

"Jadi, nanti masing-masing peserta mudik motor gratis ini akan memperoleh dua tiket kereta api," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.