Sukses

Bangun Memorial Park Senilai Rp361 Miliar di IKN, Jokowi: Untuk Hormati Pahlawan dan Pendiri Bangsa

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau _groundbreaking_ Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). Jokowi menyebut Memorial Park tersebut dibangun untuk menghormati para pahlawan dan pendiri bangsa yang telah menjadikan Indonesia merdeka.

"Memorial Park yang nantinya ini akan menjadi penghormatan kita kepada para beliau-beliau para pahlawan, pada pendiri bangsa yang telah bekerja keras untuk memerdekakan bangsa dan negara, serta rakyat Indonesia," jelas Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu.

Memorial Park IKN dibangun di area seluas 2.034 meter persegi. Pembangunan Memorial Park IKN ini akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara dan akan menjadi salah satu hal yang menarik atau point of view di IKN.

"Juga nantinya ini akan--biasanya kalau ada tamu-tamu negara--peletakan bunga juga akan dilakukan di Memorial Park ini," ujarnya.

Memorial Park ini dibangun dengan biaya kurang lebih Rp361 miliar dan dilengkapi dengan area altar, tangga, infrastruktur kawasan, dan lanskap. Pembangunan ditargetkan akan selesai di bulan Agustus 2024 tahun ini.

Memorial Park ini juga akan melengkapi berbagai fasilitas yang telah dibangun di IKN. Termasuk, untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus 2024.

"Sekali lagi, tempat ini akan selalu mengingatkan rakyat Indonesia, mengingatkan kita semuanya pada jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia," kata Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Kembali Bangun Hotel Bintang Lima di IKN Senilai Rp300 Miliar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama hotel bintang lima di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Adapun hotel keenam yang dibangun di IKN adalah Jambuluwuk Nusantara Hotel.

"Hari ini sekali lagi kita akan melakukan groundbreaking pembangunan hotel Jambuluwuk Nusantara Hotel, hotel berbintang lima (di IKN)," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/1/2024).

Dia mengatakan Jambuluwuk Nusantara Hotel ini memiliki konsep modern Indonesia etnik, dengan kapasitas 200 kamar. Total nilai investasi dari pembangunan hotel ini mencapai Rp300 miliar

Jokowi menyampaikan saat ini sudah ada beberapa hotel bintang empat dan lima yang dibangun di IKN.

Dia berharap hotel tersebut dapat menambah ketersediaan kamar-kamar hotel untuk memudahkan akomodasi tamu-tamu yang berkunjung ke IKN.

"Saya yakin Jambuluwuk Nusantara Hotel juga akan memberikan kontribusi yang penting bagi pertumbuhan IKN dan juga daerah-daerah di sekitarnya," tuturnya.

Jokowi pun meminta para investor tak ragu-ragu dalam menanamkan modalnya di proyek pembangunan IKN.

Terlebih setiap bulan, pemerintah rutin melakukan groundbreaking pembangunan sejumlah infrastruktur di IKN.

"Maka tidak ada alasan bagi investor untuk ragu-ragu berinvestasi di Ibu Kota Nusantara. Memanfaatkan sebaik-baiknya berbagai insentif dan kemudahan berusaha yang ditawarkan pemerintah," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Presiden Joko Widodo sudah memberikan nama Nusantara, kepada ibu kota negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur.

    Ibu Kota Nusantara

  • IKN

Video Terkini