Sukses

Bandara Soetta Siagakan 4.000 Petugas Pelayanan dan Keamanan Selama Libur Nataru 2024

Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda, mengatakan pihaknya memperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi pada H-3 jelang perayaan natal atau pada 23 Desember 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 4 ribu petugas gabungan disiagakan selama angkutan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Ada sejumlah penebalan jumlah petugas, terutama pada lokasi yang memungkinkan akan dipadati penumpang ataupun pengunjung bandara.

Hal tersebut diungkapkan dalam Apel Kesiapan Nataru 2023/2024 di Terminal 1B, Bandara Internasional Soekarno Hatta. Executive General Manager (EGM) Bandara Soetta, Dwi Ananda mengatakan, pihaknya memperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi pada H-3 jelang perayaan natal atau pada 23 Desember 2024.

“Total petugas yang akan melakukan pelayanan, baik services maupun pengamanan lainnya, kurang lebih ada 4.000 petugas. Itu terdiri dari gabungan selain dari AP II, juga ada AirNav, Polres Bandara Soetta, Otban, TNI-Polri, Bea Cukai, Imigrasi, KKP, dan lainnya juga support,” ungkap Dwi Ananda.

Lalu, pihaknya juga melakukan penebalan pengamanan di sisi darat untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang dan kemacetan lalu lintas.

"Lalu lintas sudah kita lakukan pola koordinasi dengan Polresta Bandara Soekarno-Hatta, di mana di jam-jam tertentu sudah kita sepakati beberapa pengalihan jalur lalu lintas," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penebalan di Check-In Area

Kemudian, terdapat penebalan di curbside setiap terminal. Hal ini, bertujuan mengurangi penurunan atau menaikkan penumpang terlalu lama di area curbside, sehingga kemacetan bisa terurai.

"Kita juga melakukan penebalan di sisi check-in area karena kita ketahui, check-in area saat ini sudah menjadi area publik di seluruh Terminal 1,2 dan 3, sehingga tetap perlu petugas untuk melakukan profiling dan menunjukkan rasa aman kepada pengguna jasa di bandara," ungkapnya.

Dwi Ananda juga memprediksi akan terjadi lonjakan pergerakan penumpang ataupun pesawat pada H-3 Natal dan untuk peralihan tahun, biasanya terjadi lonjakan pada H-2. Di mana, pergerakan penumpang tertinggi diangka 170 ribu orang dengan 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat.

3 dari 3 halaman

Lonjakan Penumpang

Dwi Ananda juga memprediksi akan terjadi lonjakan pergerakan penumpang ataupun pesawat pada H-3 Natal dan untuk peralihan tahun, biasanya terjadi lonjakan pada H-2.

Di mana, pergerakan penumpang tertinggi diangka 170 ribu orang dengan 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.