Sukses

PDIP Gelar Final Liga Kampung Soekarno Cup di GBK, Ganjar Hingga Megawati Hadir

PDI Perjuangan (PDIP) akan melaksanakan babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (3/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan (PDIP) akan melaksanakan babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (3/11/2023).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo direncanakan hadir langsung di Stadion GBK.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan kehadiran Ganjar dan tokoh dari elite parpol saat babak final turnamen sebagai orang yang ingin merayakan keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

"Pak Ganjar, Pak Arsjad, dan tokoh dari partai pengusung kami undang sebagai pihak-pihak yang ikut bersama merayakan (Piala Dunia, red) U-17," kata Hasto di GBK, Kamis (2/11/2022).

Menurut Hasto, PDIP mengacu aturan FIFA dalam melaksanakan turnamen Liga Kampung Soekarno Cup, sehingga tidak akan membawa unsur politik praktis dalam kegiatan tersebut.

"Jadi, kami taat juga dengan statuta FIFA. Kami enggak ada bendera partai, enggak ada kampanye. Jadi, kampanye enggak ada," kata dia.

Hasto mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang memungkinkan pelaksanaan babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup bisa dilaksanakan di Stadion Utama GBK.

"Kami mengucapkan terima kasih ke Pak Erick Thohir, Ketum PSSI, karena beliau, kami menyampaikan izin untuk adanya liga kampung ini, beliau juga memberikan bantuan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cita-cita Bung Karno

Hasto menyebutkan pelaksanaan Liga Kampung Soekarno Cup dibuat PDIP karena menjadi cita-cita Proklamator RI Soekarno atau Bung menjadi olahraga sebagai sarana membentuk karakter bangsa.

"Itu Bung Karno menghadirkan sepak bola sebagai kultur. Bung Karno menjadikan olahraga sebagai spirit membangun karakter building, olahraga sebagai lambang supremasi, termasuk sepak bola," katanya.

Adapun, babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup akan mempertemukan delapan tim yang sebelumnya telah bertanding di tingkat daerah.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Dilakukan

Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Hendrar Prihadi atau Hendi menyebutkan Liga Kampung Soekarno Cup sebenarnya sudah dilaksanakan oleh kepala daerah dari PDIP di wilayah masing-masing.

Dia menyebutkan pada September 2023 sudah dilaksanakan turnamen Liga Kampung di tingkat kota atau kabupaten. Kemudian pada Oktober 2023 dilanjutkan pelaksanaan di level regional.

"Kami, mulai September kemarin sudah melakukan, menggulirkan kegiatan sepak bola di tingkat kota atau kabupaten, masing-masing mereka sudah melaksanakan kegiatan liga kampung ini. Kemudian Oktober sudah memasuki putaran provinsi atau regional. Ada delapan wilayah dan hanya satu juaranya. Kemudian dari 8 ini, memasuki semifinal dan final akan ada delapan tim," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • PDIP

  • GBK

  • ganjar

Video Terkini