Sukses

Golkar-Demokrat Jajaki Koalisi Pilkada Kota Bogor

Peluang untuk koalisi itu disebutnya sangat besar karena Golkar dan Demokrat memiliki kesamaan dan semangat pengalaman yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - DPC Partai Demokrat menerima kunjungan politik dari DPD Golkar Kota Bogor, Minggu (12/5/2024). Kunjungan kedua partai politik tersebut dalam rangka penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada 2024.

Ketua DPD Kota Bogor Rusli Prihatevy mengatakan, pertemuan itu dilaksanakan dalam upaya membangun kesepahaman bersama serta penjajakan koalisi dengan Demokrat menghadapi Pilkada serentak 2024.

"Mudah-mudahan yang tadi disampaikan ada kesepahaman untuk tindak lanjut ke depan. Tapi saya kira kita masih memiliki semangat yang sama untuk berjalan beriringan," kata Rusli di Kantor DPC Partai Demokrat Kota Bogor, Minggu (12/5/2024).

Ia mengungkapkan pertemuan tersebut sebagai langkah awal pembahasan dan berharap akan ada pertemuan lanjutan. Kemudian ada titik temu antara Demokrat dan Golkar sehingga nantinya koalisi tersebut bisa terbangun.

"Alhamdulillah berdasarkan komunikasi Partai Golkar dapat diterima di keluarga Demokrat," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini.

Rusli juga menyampaikan bahwa pertemuan itu dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanat DPP Golkar untuk memastikan peta perpolitikan di Kota Bogor jelang penyelenggaraan Pilkada 2024. Termasuk, mengupayakan agar koalisi di Pilpres 2024 dapat terbangun juga di Pilkada.

"Pada saat pilpres kita dalam satu koalisi di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Mudah-mudahan bisa bersama sama seperti dengan Koalisi Indonesia Maju," kata dia.

Selain menggelar pertemuan dengan partai Demokrat, lanjut Rusli, Golkar juga sebelumnya sempat melakukan pertemuan dengan sejumlah partai lain seperti PAN dan Nasdem.

Menurutnya, pihaknya akan menggelar pertemuan dengan partai-partai lain di luar KIM dalam rangka membangun koalisi gemuk di Pilkada 2024.

"Tentunya ini masih dinamis karena memang Partai Golkar mendapat arahan menjajaki koalisi. Insyaallah ke depan kita juga akan mengunjungi partai partai lain (di luar KIM)," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Koalisi Sangat Besar

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Anita Primasari Mongan mengatakan peluang untuk koalisi sangat besar karena Golkar dan Demokrat memiliki kesamaan dan semangat pengalaman yang sama dalam mewujudkan pembangunan yang lebih baik.

"Peluang itu besar antara Demokrat dan Golkar berkoalisi untuk Pilkada," ucap Anita.

Menurutnya, sesuai arahan DPP Demokrat bahwa partai berlambang Merci ini untuk segera memulai menjalin komunikasi dengan partai-partai lain jelang pilkada Kota Bogor.

"Kira-kira yang sefrekuensi nanti kami laporkan ke DPP, dengan jumlah kursi yang cukup dan jumlah peluang untuk memenangkan pilkada ini besar, setelahnya membentuk koalisi," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini