Sukses

Infografis Misteri Status Gibran di PDIP Usai Daftar Cawapres

Status keanggotaan Gibran Rakabuming Raka di PDIP masih menjadi misteri atau belum jelas. Terutama, saat putra sulung Presiden Jokowi itu bersama Prabowo Subianto mendaftar capres-cawapres ke KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Status keanggotaan bakal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP masih menjadi misteri atau belum jelas. Terutama, saat putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu bersama Prabowo Subianto, bakal calon presiden (capres), mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 25 Oktober 2023.

Namun, saat itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Hasyim Asy’ari mengatakan tidak akan mempermasalahkan identitas kepartaian seorang capres-cawapres yang berbeda dari gabungan partai yang didaftarkan.

Alasannya, hal itu bukan menjadi syarat pemeriksaan verifikasi data diri seorang capres dan cawapres. Hal ini menyikapi status Gibran Rakabuming Raka yang belum mengundurkan diri dari PDIP meski menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Sehari sebelumnya, Selasa 24 Oktober 2023, Prabowo Subianto mengatakan tidak ada masalah dengan status Gibran tersebut. "Jadi kami senang saja kalau Beliau (Gibran Rakabuming Raka) tetap jadi kader PDIP."

Adapun usai mendaftar menjadi cawapres ke KPU, Rabu 25 Oktober 2023, Gibran enggan bicara soal statusnya di PDIP. Dia hanya berujar telah bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk membahas hal itu. "Sudah bertemu Mbak Puan minggu lalu."

Hanya saja, menurut Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun, status keanggotaan Gibran di partainya sudah berakhir.

“Secara de facto, keanggotaan Gibran di PDI Perjuangan telah berakhir setelah pendaftarannya secara resmi menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM)," kata Komarudin Watubun, Kamis 26 Oktober 2023.

Namun, usai menjalani tes kesehatan sebagai cawapres di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Kamis 26 Oktober 2023, Gibran menyikapi santai pernyataan Komarudin. "Itu sudah clear (jelas) loh. Sudah clear."

Gibran memang belum menjelaskan secara gamblang mengenai status keanggotaan dirinya di PDIP. Lalu, bagaimana ragam tanggapan pihak lainnya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Misteri Status Gibran di PDIP Usai Daftar Cawapres

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Status Keanggotaan Partai Gibran Usai Daftar Cawapres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.