Sukses

Jakarta Batal Jadi Tuan Rumah Formula E 2024, Jakpro Lobi Perubahan Jadwal

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ditunjuk pemerintah provinsi (Pemprov) DKI sebagai penyelenggara, mengaku tengah berkomunikasi intensif dengan Formula E Operation (FEO).

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta batal menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula yang harusnya kembali digelar pada Juni 2024.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ditunjuk pemerintah provinsi (Pemprov) DKI sebagai penyelenggara, mengaku tengah berkomunikasi intensif dengan Formula E Operation (FEO).

"Jakpro saat ini tengah melalui beberapa tahapan komunikasi dan koordinasi secara intensif bersama FEO terkait perubahan jadwal penyelenggaraan kejuaraan dunia balap mobil listrik Formula E di Jakarta," kata Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (24/10/2023).

Menurut Iwan, keputusan Federasi Automobil Internasional (FIA) mencoret Jakarta dari balapan kalender Juni 2024 penuh dengan pertimbangan. Balapan Formula E nantinya dinilai tak berjalan efektif karena Indonesia dalam suasana Pemilu 2024.

"Berbagai pertimbangan yang menjadi garis besar penyelenggaraan event internasional ini, khususnya tentang efektivitas penyelenggaraan event dunia di tengah proses demokrasi dalam negeri yang akan berjalan nantinya," terang Iwan.

Oleh sebab itu, Iwan menyebut dapat memahami ketetapan FIA. Meski begitu, dia tidak menjelaskan secara detail dampak dicoretnya Jakarta terhadap kontrak kerja sama yang sebelumnya telah disepakati Pemprov DKI dengan FIA.

"Kami memahami, bahwa kalender FIA yang ditayangkan tersebut memiliki dampak global terhadap negara-negara yang terlibat didalamnya," kata dia.

"Dan kami mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh FIA dan FEO terhadap pesta demokrasi Indonesia tahun depan yang akan menjadi perhatian dan konsentrasi utama bagi seluruh pihak yang sama-sama ingin memastikan kelancaran Pemilihan Umum Presiden 2024," lanjut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jakarta Tak Masuk Daftar Formula E 2024

Diketahui, Jakarta dinyatakan batal menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang balap mobil listrik atau Formula E 2024. Jakarta tak masuk daftar dihelatnya Formula E itu, lantaran adanya masa kampanye Pilpres 2024.

"Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni tidak akan dilaksanakan setelah diumumkannya masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia hampir sepanjang bulan Juni," demikian bunyi keterangan tertulis Formula E dalam laman resmi fiaformulae.com, dikutip Jumat (20/10/2023).

"Hal ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalanan ibu kota secara bersamaan. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota itu pada tanggal alternatif," sambungnya.

Adapun musim kesepuluh Formula E 2024 bakal berlangsung pada 13 Januari di Mexico dan berakhir pada 21 Juli di London. Balapan musim kesepuluh ini bakal berlangsung sebanyak 16 seri.

3 dari 4 halaman

Heru Budi: Saya Serahkan ke Jakpro

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tak ingin mengurusi soal nasib Formula E 2024 yang berpotensi tak diadakan di Ibu Kota karena waktu penyelenggaraan yang berdekatan dengan Pemilu 2024.

Heru mengatakan, ia menyerahkan sepenuhnya kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara ajang balap mobil listrik itu.

"Saya minta Jakpro bisa mengomentari ini. Kan B2B karena situasi politik. Saya enggak. Cuman Jakpro ajak silahkan B2B," kata Heru kepada wartawan, dikutip Selasa (24/10/2023).

Heru pun mempersilakan Jakpro untuk memutuskan apakah Formula E 2024 batal digelar di Jakarta atau memutuskan untuk mencari tanggal lain.

"Apakah mundur menguntungkan atau cari tanggal yang pas, saya serahkan ke Jakpro," tambah Heru.

4 dari 4 halaman

Jadwal Formula E 2024

Adapun musim kesepuluh Formula E 2024 bakal berlangsung pada 13 Januari di Mexico dan berakhir pada 21 Juli di London. Balapan musim kesepuluh ini bakal berlangsung sebanyak 16 seri.

Sementara itu, Shanghai dan Hyderabad dikonfirmasi akan menjadi kota tuan rumah di musim 10 kejuaraan dunia Formula E setelah mendapat persetujuan pada pertemuan Dewan Olahraga Motor Dunia FIA pada 19 Oktober 2023.

Di Shanghai ini menjadi pertama kalinya Formula E digelar. Bakal dilangsungkan balapan double-header di Shanghai yakni pada Sabtu, 25 Mei dan Minggu, 26 Mei 2024.

Kemudian, balapan Formula E 2024 juga bakal digelar untuk pertama kalinya di Jepang. Hal ini menjadi sejarah bagi Formula E, di mana Tokyo telah memberi konfirmasi untuk jadi tuan rumah pada balapan yang akan digelar Sabtu, 30 Maret 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.