Sukses

Viral Tanggul Pengaman Pantai di Jakarta Utara Bocor, Ini Kata Pemprov DKI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berjanji bakal memperbaiki tanggul pengaman pantai Nizam Zachman, Jakarta Utara yang bocor. Kebocoran tanggul itu sebelumnya viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berjanji bakal memperbaiki tanggul pengaman pantai Nizam Zachman, Jakarta Utara yang bocor. Kebocoran tanggul itu sebelumnya viral di media sosial.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Ika Agustin Ningrum mengatakan, prbaikan akan dilakukan Pemprov DKI berkerja sama dengan pihak swasta, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dan PT Perikanan Indonesia atau Perindo.

"Pemprov DKI dalam hal ini Dinas SDA sedang menyusun rencana perbaikan tanggul Nizam Zachman, dan terus berkoordinasi dgn stakeholder terkait yaitu PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) dan Perindo (Perikanan Indonesia)," kata Ika saat dikonfirmasi, Rabu (4/10/2023).

Menurut Ika, kebocoran tanggul tidak berdampak langsung terhadap warga di sekitar tanggul. Pasalnya, tanggul tak berada dekat dengan rumah warga.

"Saat ini kebocoran tidak terpengaruh dengan aktifitas warga, karena lokasi nya jauh dari pemukiman warga," kata dia.

Ika menyampaikan, tanggul Nizam Zachman dibangun oleh Pemprov DKI pada 2014-2015 silam. Tanggul ini berbeda dengan tanggul laut raksasa atau giant sea wall dan tanggul pantai proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

"Yang membedakan hanya pembagian lokasi kewenangan," ujar Ika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral

Sebelumnya, beredar video dengan narasi tembok tanggul Giant Sea Wall atau tanggul laut raksasa Jakarta mengalami kebocoran. Video diunggah ke media sosial (medsos) oleh akun Instagram @jerhemynemo. Videojuga ia bagikan di akun TikTok @jerhemynemoo.

"Tanggul Laut Raksasa Jakarta! Atau The Great Sea Wall of Jakarta. Tembok di Jakarta yang memisahkan air laut dan daratan supaya gak tenggelam," bunyi keterangan akun @jerhemynemo, dikutip Rabu, 27 September 2023.

Dalam video yang diunggah, kekasih dari Erika Richardo ini memperlihatkan kondisi terbaru tanggul yang dibangun pada 2014 lalu.

"Guys, tau enggak kenapa tanggul ini terkenal banget? Karena kalo enggak ada tembok ini Jakarta udah tenggelam. Jujur ini temboknya rada menyeramkan," ujar Owen.

Tak hanya itu saja, Owen juga mengungkapkan jika air laut yang berada persis disebelah tembok telah lebih tinggi dibandingkan daratan. Hal ini juga terlihat dari kondisi masjid terbengkalai yang telah tenggelam sebagian.

"Buktinya, ini ada masjid yang terbengkalai karena tenggelam lho disebelahnya. namanya masjid Wal Adhuna yang ada di Jakarta Utara," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Retak

Dalam video yang diunggah, Owen juga memperlihatkan beberapa sisi pondasi tembok yang tampak retak. Dari retakan tersebut terdapat pula air laut yang merembes.

"Ini (tanggul laut) adalah salah satu cara pemerintah buat menghindari masalah tenggelamnya Jakarta. Tapi emangnya bisa jakarta ngga akan tenggelam lagu cuman dengan tembok kayak gini? Lihat tuh ini bukan air bocor biasa, tapi ini air laut yang bocor ke daratan Jakarta," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.