Sukses

Jelang Pemilu 2024, Timpora Gelar Koordinasi Perkuat Pengawasan Orang Asing

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Wahyu Hidayat berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sebagai deteksi dini dalam upaya mencegah terjadinya pelanggaran oleh orang asing.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Pamuji Raharja membuka kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing “Peningkatan Sinergitas Menuju Pemilu 2024” di Swiss-Belinn Kemayoran, Senin (11/9/2023).

Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) ini dilaksanakan untuk memperkuat fungsi pengawasan orang asing dan juga untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Jakarta Pusat.

Instansi yang turut bergabung dalam Timpora diantaranya adalah TNI, Polri, Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Pusat, Badan Intelijen Strategis TNI Jakarta Pusat dan Camat Wilayah Jakarta Pusat.

“Dalam rangka mengawal pesta demokrasi tahun 2024, seluruh Instansi/Lembaga yang tergabung dalam dalam Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) KotaJakarta Pusat diharapkan dapat berperan aktif dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing mengingat adanya berbagai potensi kerawanan keberadaan orang asing yang dapat mengancam stabilitas politik, hukum, dan keamanan negara.” ujar Pamuji Raharja dalam keterangannya.

Salah satu hal penting yang harus ditingkatkan agar agenda dan program kerja TIMPORA dapat terlaksana secara optimal dan efektif adalah bersinergi dalam pertukaran informasi dan memaksimalkan peran serta kewenangannya dalam pengawasan orang asing di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Pengawasan terhadap kegiatan orang asing pada hakekatnya merupakan tanggung jawab bersama demi mewujudkan penegakan hukum diberbagai bidang termasuk hukum keimigrasian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deteksi Dini Cegah Pelanggaran Orang Asing

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Wahyu Hidayat berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sebagai deteksi dini dalam upaya mencegah terjadinya pelanggaran oleh orang asing.

“Saya harap dengan diadakannya kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing ini dapat membantu menyukseskan Pemilu 2024 dan peningkatan sinergitas dalam pemantauan terhadap giat orang asing yang berada di wilayah Indonesia, khususnya perwakilan negara asing yang berada di Indonesia” tutup Wahyu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini