Sukses

Anugerah Bapeten Pacu Kesadaran Para Pemegang Izin Terkait Aspek Keselamatan dan Keamanan Nuklir

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menggelar perhelatan tahunan Anugerah Bapeten 2023 yang bertujuan memacu kesadaran para pemegang izin terkait aspek keselamatan dan keamanan nuklir.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menggelar perhelatan tahunan Anugerah BAPETEN 2023 yang bertujuan memacu kesadaran para pemegang izin terkait aspek keselamatan dan keamanan nuklir.

Penghargaan Anugerah Bapeten diberikan untuk enam kategori yang meliputi Pemegang Izin bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif, Petugas Proteksi Radiasi bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioakti, Petugas Deklarasi Protokol Tambahan, Pengurus Bahan Nuklir Terbaik.

Plt. Kepala Bapeten Sugeng Sumbarjo dalam sambutannya Sugeng meyakini industri nuklir memiliki peran strategis dalam pembangunan berkelanjutan dan kemandirian energi

“Tetapi selanjutnya juga akan muncul tanggung jawab yang besar dalam memastikan keselamatan dan keamanan nuklir tetap terpenuhi,” kata Sugeng, dikutip Kamis (24/8/2023).

“Prestasi yang diraih dalam penghargaan kali ini juga turut membantu membentuk citra industri nuklir Indonesia di mata dunia,” lanjutnya.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, Bapeten merupakan instansi pemerintah yang diberikan tugas dan wewenang dalam melaksanakan pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir melalui pembuatan peraturan, pelayanan perizinan dan pelaksanaan inspeksi.

Tujuan pengawasan tersebut adalah untuk terjaminnya kesejahteraan, keamanan, dan ketenteraman masyarakat serta menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja dan anggota masyarakat serta perlindungan terhadap lingkungan hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema

Pada Anugerah Bapeten 2023 ini mengambil tema “Pengawasan Tenaga Nuklir Menyongsong PLTN sebagai Pilihan Transisi Energi Menuju Net Zero Emission”. Adapun total penerima Anugerah BAPETEN Tahun 2023 ini sebanyak 396 Instansi dan/atau perorangan.

Pada akhirnya, kegiatan Anugerah BAPETEN 2023 ini diharapkan dapat memicu dan memacu kesadaran para pemegang izin terkait pentingnya aspek keselamatan dan keamanan nuklir, serta mendorong semakin meningkatnya level budaya keselamatan dalam pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia.

Dengan demikian diharapkan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia benar-benar aman dan selamat serta memberikan kesejahteraan sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini