Sukses

Jokowi Sedih Budaya Santun Bangsa Mulai Hilang

Jokowi mengatakan menjadi seseorang yang menduduki posisi Presiden tidaklah senyaman yang dipersepsikan. Di balik itu, ada sangat banyak tanggung jawab besar yang mesti diemban dan dituntaskan.

 

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan HUT ke-78 RI di Sidang Tahunan MPR. Dalam kesempatan itu, dia mengungkapkan rasa sedihnya terhadap budaya santun bangsa Indonesia yang dirasakannya mulai hilang.

Jokowi menjelaskan, menjadi seseorang yang menduduki posisi Presiden tidaklah senyaman yang dipersepsikan. Di balik itu, ada sangat banyak tanggung jawab besar yang mesti diemban dan dituntaskan.

"Banyak permasalahan rakyat yang harus diselesaikan dan dengan adanya media sosial seperti sekarang ini. Apapun, apapun bisa sampai ke Presiden,” tutur Jokowi di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Media sosial, lanjut Jokowi, sangat memudahkan masyarakat menyalurkan aspirasinya. Mulai dari masalah rakyat di pinggiran, sampai dengan kemarahan, ejekan, hingga makian dan fitnah pun dapat dengan cepat disampaikan.

“Saya tahu ada yang mengatakan Saya ini bodoh, plonga-plongo, tidak tahu apa-apa, Fir’aun, tolol. Ya nda apa, sebagai pribadi saya menerima saja. Tapi yang membuat saya sedih budaya santun budi pekerti luhur bangsa ini, kok kelihatannya mulai hilang,” jelas dia.

Menurut Jokowi, kebebasan dan demokrasi di negeri ini malah digunakan untuk melampiaskan kedengkian dan fitnah. Baginya, polusi di wilayah budaya itu sangat melukai keluhuran budi pekerti bangsa Indonesia.

“Memang tidak semua seperti itu. Saya melihat mayoritas masyarakat juga sangat kecewa dengan polusi budaya tersebut. Cacian dan makian yang ada justru membangunkan nurani bangsa untuk bersatu menjaga moralitas ruang publik," kata Jokowi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Besar Songsong Indonesia Emas 2045

 

"Bersatu menjaga mentalitas masyarakat sehingga kita bisa tetap melangkah maju, menjalankan transformasi bangsa. Menuju Indonesia Maju. Menuju Indonesia Emas 2045," lanjut Jokowi. 

Berkali-kali di berbagai kesempatan Jokowi mengingatkan adanya peluang besar untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Tinggal bagaimana bangsa ini bersikap, dan tidak lebih mementingkan hal yang malah menimbulkan perpecahan.

"Untuk meraih Indonesia Emas 2045 meraih posisi jadi 5 besar kekuatan ekonomi dunia dan tidak hanya peluangnya saja. Tapi strategi untuk meraihnya sudah ada, sudah dirumuskan. Tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau justru membuang energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif, yang memecah belah. Bahkan yang membuat kita melangkah mundur,” Jokowi menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.