Sukses

Nginap Bareng Warga, Ganjar Pranowo Cek Langsung Realisasi Bantuan Penanggulangan Kemiskinan di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung Program 'Tuku Lemah Oleh Omah' yang digagasnya. Salah satunya dengan menginap langsung di salah satu kediaman warganya di daerah Pati.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung Program 'Tuku Lemah Oleh Omah' yang digagasnya. Salah satunya dengan menginap langsung di salah satu kediaman warganya di daerah Pati atau tepatnya di di Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jateng, pada Sabtu malam 5 Agustus 2023.

"Kalau kita bicara yang program Tuku Lemah Oleh Omah, seperti apa sih. Kali ini saya mau cobain yang pertama kali. Setelah rumah jadi kayak apa, saya mau numpang tidur," kata Ganjar Pranowo di lokasi seperti dikutip dari siaran pers diterima, Minggu (6/8/2023).

Ganjar bercerita, rumah yang diinapi milik Agus dan Novita. Mereka adalah sepasang suami istri yang tinggal bertiga bersama sang anak. Rumah tersebut tampak sederhana dengan tembok bangunan yang berdiri tanpa cat.

Sebagaimana konsep program beli tanah dapat rumah itu, kediaman Agus dan Novita berjenis rumah panel instan (Ruspin). Ganjar memastikan, penghuni rumah nantinya tinggal merapikan saja sedikit bagian dari rumah yang sudah dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng.

"Rumah yang kita bangun sebenarnya lebih pada stimulan ya dengan teknologi ruspin tinggal dirangkai sangat cepat sekali. Rata-rata di antara mereka menambah dan kemudian merapikan sendiri sesuai dengan selera," ucap Ganjar.

Dia menegaskan, pembangunan rumah dari program ini masih terus berlanjut. Pria berambut putih itu pun berharap rumah-rumah yang sudah dibangun membawa kebahagiaan di hati warga kurang mampu di Jateng.

"Mudah-mudahan ini akan berlanjut terus sehingga masyarakat yang tidak atau belum punya rumah dia berikhtiar bisa mendapatkan tanahnya. Rumahnya dari Pemprov," harap Ganjar.

Selain mengecek realisasi Tuku Lemah Oleh Omah, Ganjar juga menyempatkan diri ngopi bareng ratusan warga setempat. Bersama warga, Ganjar tampak guyub dengan menyanyikan lagu 'Kemesraan' bersama-sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerima Manfaat Tidak Menyangka Bisa Punya Rumah

Agus selaku kepala keluarga penerima manfaat program ini mengaku tak pernah menyangka bisa mendapatkan memiliki rumah sendiri. Pasalnya, penghasilannya sebagai tukang las dan sang istri yang berjualan es boba dirasa belum cukup membiayai pembangunan rumah.

"Tidak menyangka punya rumah sebagus ini. Saya pekerjaannya tukang las, tidak disangka-sangka punya rumah begini. Penghasilan saya sehari Rp120.000, kadang tidak sampai," kata Agus.

Senada dengan sang istri, Novita, juga tak pernah berpikir bisa punya rumah bagus sendiri. Terlebih rumah yang baru dibangun itu diinapi langsung oleh Ganjar selaku Gubernur Jateng.

"Kaget ya, tidak menyangka (diinapi Ganjar). Persiapannya bersih-bersih saja biar Pak Ganjarnya nyaman. Waktu itu dengar ada program beli tanah dapat rumah, terus saya tanya sama perangkat desa, terus didaftarkan. Alhamdulillah dapat," terang Novita.

Namun di samping itu, Novita dan suami berterima kasih kepada Ganjar yang telah menggulirkan program ini. Keduanya pun mendoakan kesehatan dan keselamatan Ganjar yang kini sudah berada di ujung akhir masa jabatan.

"Buat Pak Ganjar terima kasih, berkat program dari Pak Ganjar Tuku Lemah Oleh Omah, saya dan suami saya bisa punya rumah sendiri," tutup Novita.

 

3 dari 3 halaman

Apa Itu Program Tuku Lemah Oleh Omah?

Program Tuku Lemah Oleh Omah berjalan untuk menanggulangi kemiskinan di Jateng. Melalui program terkait, Pemprov Jateng sudah berhasil membangun 639 rumah untuk warga miskin sejak tahun 2020 sampai 2022. Nantinya, Pemprov Jateng akan membangun sebanyak 615 rumah yang prosesnya dikulai tahun 2023.

Untuk memastikan realisasi program ini berjalan lancar dan sesuai tujuan, Ganjar menginap langsung di salah satu rumah penerima bantuan Tuku Lemah Oleh Omah

Di Desa Tanjunganom sendiri sebanyak 17 warga kurang mampu menerima bantuan 8 ini. Penerima manfaat Tuku Lemah Oleh Omah di desa ini berikhtiar membeli tanah untuk mendapatkan rumah layak dari Pemprov Jateng dengan cara menabung.

Tuku Lemah Oleh Omah merupakan salah satu program Ganjar Pranowo untuk menangani kemiskinan di Jateng. Program tersebut turut andil menurunkan jumlah penduduk miskin Jateng sebesar 66,73 ribu jiwa per Maret 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.