Sukses

PAN Makin Tunjukkan Komitmen Kuat Perjuangkan Hak-Hak Perempuan

Salah satu wujud komitmen PAN adalah dengan menghadirkan organisasi otonom bernama Perempuan Amanat Nasional (PUAN).

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) terus menunjukkan komitmen kuat untuk memperjuangkan hak-hak perempuan. PAN menginginkan perempuan agar kesempatan yang sama untuk berdaya dan dapat berkontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa.

Untuk itu, PAN selalu fokus terhadap isu-isu seperti kesetaraan gender hingga kasus kekerasan terhadap perempuan. PAN memandang, sejumlah kasus tersebut harus ditangani secara komprehensif agar pemberdayaan perempuan menjadi lebih optimal.

“Harapan ke depan, jika perjuangannya tercapai, Okta ingin lebih bisa menyuarakan hak – hak perempuan dan kebebasan perempuan,” kata Calon Anggota Legislatif DPR RI PAN Dapil Banten III, Okta Kumalasari Dewi, Jumat (28/7/2023).

Salah satu wujud komitmen PAN adalah dengan menghadirkan organisasi otonom bernama Perempuan Amanat Nasional (PUAN). Dalam organisasi tersebut, PAN berupaya keras memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai hak-hak perempuan.

Melalui PUAN, PAN membuktikan komitmennya untuk memberi ruang politik yang besar kepada perempuan. Pasalnya, PUAN secara aktif memberikan kaderisasi agar siap masuk ke dunia politik.

Melalui upaya kaderisasi tersebut, PAN bertujuan menghasilkan kader-kader yang dapat menciptakan kondisi sosial dan politik melalui peraturan yang lebih menghargai hak perempuan melalui parlemen. Sebab, PAN menyadari kondisi sosial dan peraturan yang berlaku masih belum menghargai perempuan seutuhnya.

“Sekarang belum terlalu banyak yang mau menghargai perempuan, seperti patriarki dan lain sebagainya. Maka dari itu di sini saya mau memperjuangkan hak–hak wanita ini,” ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Alami Perubahan Signifikan

Partai Amanat Nasional (PAN) telah melakukan transformasi besar-besar ketika menjadi partai yang terbuka. Berkat itu, PAN semakin digandrungi semua kalangan, termasuk generasi muda di Tanah Air.

Direktur Eksekutif Indonesia Political (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan bahwa PAN memiliki mesin partai yang memberi ruang untuk generasi milenial. Hal itu memperkuat PAN tetap konsisten meningkat berkat anak muda bangsa.

"PAN saat ini alami perubahan yang signifikan, di mana menerima generasi milenial membuat mesin partai semakin menguat," kata Dedi.

Hal itu dibuktikan PAN di seluruh Tanar Air, termasuk di daerah Ngawi Jawa Timur (Jatim). PAN sudah memiliki basis kader muda yang telah siap untuk mengabdi kepada masyarakat.

Dalam kesempatan berbeda, Ketua DPD PAN Kabupaten Ngawi, Supeno menyampaikanPAN sudah mengalami perubahan terutama untuk para kader. Partai berlambang matahari putih tengah memperkuat bagian internal dalam menuju Pemilu 2024.

"Regenerasi itu sangat perlu, suda ada kader muda PAN yang menyampaikan untuk berkontribusi kepada masyarakat agar menjadi lebih baik ke depannya," ujar Supeno.

Memperkuat perubahan, PAN memiliki sayap partai yang diberi nama Barisan Muda (BM) PAN menjadi mesin penggerak melalui program-program membantu rakyat. Program BM PAN meliputi, pelatihan digitalisasi untuk UMKM, memberikan ruang usaha kecil dan lembaga pendidikan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini