Sukses

Indeks Demokrasi Indonesia di Kaltim Meningkat, Tembus Peringkat 4 Nasional!

ndeks Demokrasi Indonesia di Kalimantan Timur (Kaltim) menempati peringkat empat secara nasional dan mengungguli provinsi Jawa Barat, Bali dan DKI Jakarta.

Liputan6.com, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Tahun 2022. Diketahui, Indeks Demokrasi Indonesia di Kalimantan Timur (Kaltim) menempati peringkat empat secara nasional dan mengungguli provinsi Jawa Barat, Bali dan DKI Jakarta.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kaltim, Sufian Agus menjelaskan bahwa IDI Kaltim tahun 2022 yang diukur pada tahun 2023, berhasil mendapat poin 83,58. Angka tersebut naik 2,56 poin dari dari tahun sebelumnya sebesar 81,02. 

"Peningkatan angka ini, membuat Kaltim menduduki peringkat 4 nasional. Setelah sebelumnya peringkat 5 nasional," terang Sufian Agus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aspek Penilaian IDI Kaltim

IDI merupakan alat untuk mengukur perkembangan demokrasi Indonesia sebagai acuan untuk menyusun program pembangunan politik baik untuk pemerintah pusat maupun daerah. IDI diukur berdasarkan 3 aspek dan 22 indikator.

Beberapa aspek penilaian IDI Kaltim yang mengalami peningkatan di antaranya, Aspek Kebebasan dari 89,46 naik menjadi 91,40. Aspek Kesetaraan dari 76,67 naik menjadi 79,25. Dan aspek Kapasitas Lembaga Demokrasi dari 77,90 naik menjadi 81,06.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini