Sukses

Erick Thohir Yakin Renovasi JIS Rampung dalam 3 Bulan

Tak hanya JIS yang akan direnovasi, ada 22 stadion lainnya yang juga bakal direnovasi sesuai standar FIFA. Erick menyebut, renovasi terhadap 22 stadion telah melalui berbagai evaluasi.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir optimis proses renovasi Jakarta International Stadium (JIS) rampung dalam tiga bulan ke depan. JIS diketahui, jadi salah satu opsi venue Piala Dunia U-17.

Adapun hal ini, diungkapkan Erick ditemui usai meninjau langsung JIS bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Selasa, 4 Juli 2023.

"Target tiga bulan rampung dibereskan JIS," kata Erick.

Mereka mengevaluasi sarana dan prasarana di JIS bersama dengan tim ahli. Selain itu, kata Erick pengecekan juga melibatkan berbagai pihak terkait, seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI), Jasa Marga, hingga PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Erick mengungkapkan peninjauan ini, merupakan salah satu cara yang ditempuh pemerintah untuk mencari solusi agar JIS resmi menjadi salah satu stadion jadi venue laga Piala Dunia U-17 2023.

"Standar FIFA itu yang menentukan FIFA. Bukan PSSI, bukan siapapun yang di sini," ujar Erick.

Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, tak hanya JIS yang akan direnovasi, ada 22 stadion lainnya yang juga bakal direnovasi sesuai standar FIFA. Erick menyebut, renovasi terhadap 22 stadion telah melalui berbagai evaluasi. 

"Polemik yang terjadi sekarang ini, bukan polemik yang kita harapkan. Tetapi kita hadir kesini sama-sama untuk membangun yang namanya stadium sesuai standar yang diinginkan," ucap dia.

Lebih lanjut, Erick mengaku masih menunggu kabar lanjutan, ihwal kedatangan perwakilan FIFA untuk mengecek stadion. 

Namun, kata Erick PSSI sudah melakukan rapat koordinasi dengan FIFA perihal stadion yang bakal diusulkan untuk jadi venue Piala Dunia U-17 di Indonesia.

"Kita menunggu kapan FIFA datang ke sini. Kemarin kita sudah ada rapat koordinasi dengan FIFA, tentu kita mengajukan stadion yang dirasa bisa buat pertandingan timnas masa depan," katanya. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumput Lapangan Golf

 Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjadja mengatakan, rumput JIS yang baru akan berasal dari rumput lapangan golf.

"Ya rumput golf," ungkap Endra usai mengisi acara World Water Forum ke - 10 di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Juli 2023.

Endra menjelaskan, dipilihnya rumput hidup dari lapangan golf untuk JIS lantaran pertumbuhannya yang cepat. Mengingat, ajang Piala Dunia U-17 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

"Ya karena (pertumbuhan rumput) cepat," tegasnya.

Meski begitu, Endra tidak bersedia mengungkapkan lokasi asal rumput lapangan golf yang digunakan untuk JIS.

Saat ini, pihaknya memilih fokus untuk memilih spesifikasi rumput yang baik dengan pertumbuhan cepat untuk stadion peninggalan Anies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Darimana aja toh yang penting spesifikasinya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.