Sukses

Cuaca Besok Kamis 8 Juni 2023: Seharian Langit Jakarta Dominan Cerah Berawan

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuacanya akan adanya hujan angin disusul petir pada siang hingga malam disebagian kota penyangga Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Meski diprediksi cerah berawan sepanjang hari, sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal diguyur hujan berintensitas ringan, yaitu Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, pada Kamis, 8 Juni 2023. 

Berdasarkan laman resminya, BMKG juga menyebut potensi hujan angin terjadi di sebagian wilayah selatan Ibu Kota pada sore hari. 

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jaksel pada sore hari," jelas BMKG diperingatan dini cuaca Jakarta, Kamis, 8 Juni.

Sementara, kondis cuaca Kamis pagi untuk sejumlah daerah penyangga diprediksi cerah berawan. Namun, siang harinya hujan turun merata dengan intensitas ringan di wilayah Depok, Tangerang, Bogor serta Bekasi. 

BMKG bahkan juga mengeluarkan peringatan dini cuacanya akan adanya hujan angin disusul petir pada siang hingga malam disebagian kota penyangga Jakarta.  

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan skala lokal dan durasi singkat pada waktu menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi,"

Berikut informasi prakiraan cuaca besok, Kamis untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi   Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
Jakarta Utara Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Bekasi  Cerah Berawan   Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Depok  Cerah Berawan   Hujan Ringan   Hujan Ringan
 Bogor  Cerah Berawan   Hujan Ringan   Hujan Ringan
 Tangerang   Berawan   Hujan Ringan   Hujan Ringan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waspada, Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda Sulut hingga 11 Juni 2023

Warga Sulut diminta untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang bakal terjadi selama beberapa hari ke depan. Hal ini disampaikan oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini tujuh harian yang berpotensi terjadi di wilayah kabupaten dan kota di wilayah Sulut," ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, Minggu (4/6/2023).

 Molle memaparkan, analisa labilitas lokal ditunjukan dengan indeks labilitas yang mendukung proses terbentuknya awan konvektif pada skala lokal di wilayah Sulut.

Sedangkan anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sulut berkisar antara 0,5 derajat selsius hingga 2,2 derajat selsius yang berpotensi meningkatkan penguapan (jumlah uap air) pada proses pertumbuhan awan – awan hujan.

"Untuk itu warga diminta waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," ujarnya.

BMKG memperkirakan pada tanggal 5 Juni 2023, potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara. Juga di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

3 dari 3 halaman

Cuaca Ekstrem di Tanggal 6 hingga 11 Juni 2023

Selanjutnya di tanggal 6 Juni 2023, kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Di tanggal 09 Juni 2023, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan, di tanggal 11 Juni 2023 berpotensi terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Untuk Kota Manado pada Senin (5/6/2023), hujan dengan intensitas sedang terjadi di beberapa wilayah. Setelah dalam beberapa hari terakhir ini panas terik melanda.

“Baru hari ini kembali hujan, sudah lebih dari seminggu ini panas membakar,” ujar Bryan, salah satu warga Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini