Sukses

Formula E Jakarta Akan Usung Konsep Balapan Malam Hari pada 2024

Advisor Formula E Jakarta Irawan Sucahyono mengatakan, Jakarta E-Prix 2024 akan mengusung konsep night race atau balapan pada malam hari.

Liputan6.com, Jakarta - Advisor Formula E Jakarta Irawan Sucahyono mengatakan, Jakarta E-Prix 2024 akan mengusung konsep night race atau balapan pada malam hari.

"Tahun depan rencananya kita malam," kata Irawan saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (28/5/2023).

Nantinya, kata Irawan, ahli pencahayaan akan berdiskusi dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) pada Jumat 2 Juni 2023.

"Jadi nanti hari Jumat ahli lighting Formula E. Sebetulnya ahli lighting ini untuk Formula 1 dan Formula E ke Jakarta, untuk diskusi dengan kita" tambah Irawan.

Meski demikian, ia belum mengetahui di mana lokasi ajang balap mobil listrik ini diadakan tahun depan. "Belum tahu saya. Kalau saya pribadi pasti di Ancol tapi belum tahu," ucap Irawan.

Namun, Irawan menyebut bahwa sirkuit di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara adalah lokasi yang paling siap untuk mengadakan Formula E.

"Sebenarnya ini street circuit di mana pun bisa. (Namun,) paling siap di Ancol," kata Irawan.

Perhelatan Formula E tahun ini, sempat menjadi rencana bahwa balapan akan dilakukan pada malam hari. Ide night race tersebut muncul setelah penyelenggaraan Formula E 2022.

Namun, wacana tersebut batal dan balapan tetap diadakan pada siang hari. VP Corporate Secretary Jakpro Syachrial Syarif juga mengatakan bahwa risiko pelaksanaan night race Formula E terlalu besar.

"Race night belum (dibahas). Konsekuensinya besar kalau malam. Biayanya pasti lebih besar, penerangan harus optimal. Konsekuensi penerangan itu macam-macam sih berarti," kata Syachrial saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 12 Januari 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembalap Formula E Mulai Berdatangan ke Jakarta

Advisor Formula E Jakarta Irawan Sucahyono mengungkapkan, pembalap-pembalap Jakarta E-Prix 2023 sudah mulai tiba di Jakarta. Rencananya, Formula E 2023 akan berlangsung pada 3 dan 4 Juni di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

"Untuk mobil (balap) sudah mulai masuk. Hari ini sampai besok pembalap-pembalap akan datang. Mungkin ada yang hari ini, ada yang besok," kata Irawan di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (28/5/2023).

Irawan mengatakan, para pembalap tidak dapat mencoba langsung sirkuit di Ancol tersebut. Sebab, para pembalap Formula E 2023 harus beradaptasi dengan cuaca di Jakarta.

"Mereka harus adaptasi cuaca di Indonesia karena kalau enggak (adaptasi), dia kurang prima. Biasanya perlu 1-2 hari untuk adaptasi cuaca dan waktu karena perbedaan waktu dengan di Eropa," jelas Irawan.

Meski demikian, para pembalap tersebut boleh menjajal sirkuit pada Rabu atau latihan yang resmi pada Jumat 2 Juni 2023.

Lebih lanjut, Irawan memastikan seluruh persiapan di lokasi Sirkuit Ancol sudah 100 persen untuk mengadakan balapan Formula E kali kedua di Jakarta.

"Panggung sudah selesai, kita sudah test, positioning, tiket semua sudah," kata Irawan.

 

 

 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.