Sukses

Jokowi dan Presiden Iran Sepakat Dukung Rakyat Palestina dan Atasi Krisis Afganistan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi sepakat mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi sepakat mendukung perjuangan rakyat Palestina. Kesepakatan tersebut didapat usai Jokowi dan Seyyed Ebrahim Raisi menjalani komunikasi bilateral yang tertutup selama hampir 2 jam di Istana Kepresidenan Bogor.

"Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina," kata Jokowi saat jumpa pers, seperti dikutip daring, Selasa (22/5/2023).

Selain soal kemerdekaan untuk rakyat Palestina yang saat ini terus mendapat serangan dari tentara Israel, Jokowi menyebut, Indonesia dan Iran juga bersepakat untuk ambil bagian dalam krisis kemanusiaan yang tengah terjadi di Afganistan.

Sebab, sejak pemerintahannya diambil oleh Kelompok Taliban, mayoritas rakyatnya semakin sulit mendapatkan akses khususnya kelompok perempuan.

"Kami sepakat terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afganistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi bertemu Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5/2023). Rangkaian penyambutan kenegaraan dilakukan meriah mulai dari marching band, pawai pasukan berkuda hingga hingga 21 dentuman meriam.

Usai turun dari mobilnya, Presiden Seyyed Ebrahim Raisi langsung disambut dengan salam dan senyum dari Presiden Jokowi. Presiden Jokowi mengenakan jas gelap dan dasi warna merah dan Presiden Seyyed Ebrahim dengan jubahnya yang berwarna hitam.

"Kedatangan rangkaian kendaraan Presiden Iran di Istana Kepresidenan Bogor disambut dan diiringi dengan lagu kebangsaan kedua negara dan juga 21 dentuman meriam," kata Raksa Firdani selaku pembawa acara di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5/2023).

Usai upacara sambutan, Presiden Seyyed Ebrahim dikenalkan oleh Presiden Jokowi kepada para menteri dan delegasi yang mendampinginya hari ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi dan Presiden Iran Lakukan Penanaman Pohon

Setelah saling memperkenalkan delegasi dan para menterinya, kedua pemimpin negara melangsungkan sesi foto bersama dan penandatangan buku tamu.

"Presiden Jokowi bersama Presiden Seyyed Ebrahim akan melakukan penanaman pohon bersama dan pohon yang akan ditanam hari ini adalah pohon kayu ulin besi," jelas pembawa acara.

Usai melaksanakan penanaman pohon, kedua pemimpin akan bertemu secara tatap muka di beranda Istana Kepresidenan Bogor dan setelahnya mereka akan melaksanakan pertemuan bilateral bersama para delegasi negara masing-masing.

Presiden Jokowi dan Presiden Seyyed Ebrahim akan menunjukkan nota kesepahaman antara Indonesia dan Iran ke publik dan ditutup dengan jamuan makan siang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.