Sukses

Polisi Tindak Jukir yang Patok Tarif Parkir Liar Rp 10 Ribu di Kawasan Masjid Istiqlal

Aksi juru parkir alias jukir di kawasan Masjid Istiqlal Jakarta viral di media sosial lantaran mematok tarif parkir senilai Rp 10 ribu per sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta Aksi juru parkir alias jukir di kawasan Masjid Istiqlal Jakarta viral di media sosial. Pasalnya, jukir tersebut mematok tarif parkir untuk setiap sepeda motor yang berada di trotoar dan bahu jalan utama kawasan Masjid Istiqlal, senilai Rp 10 ribu.

“Kalau enggak ikhlas saya balikin nih duitnya, enggak usah video-video!,” kata jukir dalam rekaman video yang dikutip Liputan6.com, Senin (15/5/2023).

Menjawab hal, pengemudi motor yang memarkirkan kendaraanya merasa heran. Sebab hanya untuk parkir untuk tujuan ibadah tarif yang dipatok jukir liar tersebut terlampau mahal.

“Saya parkir tujuan mau salat tapi ditagih Rp 10 ribu,” kata pria itu soal tarif parkir di Masjid Istiqlal.

Kapolsek Sawah Besar AKP Dhanar Dhono memastikan tindakan jukir lihat sudah diproses oleh anggotanya. Menurut dia, kepolisian sedang mendalami dugaan tindak pemerasan yang dilakukan sang jukir liar.

“Sudah pak, dan dugaan pemerasan masih lidik, apakah benar terjadi atau tidak,” jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Lokasi Parkir

Terkait lokasi yang dijadikan lahan parkir oleh jukir liar tersebut, Dhanar menyerahkannya kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Dia memastikan, urusan lokasi parkir adalah kewenangan pihak dinas provinsi.

“Masalah parkir yang tidak pada tempatnya itu ke Dishub ya lebih berwenang. Kami dari polsek menghimbau kepada jamaah untuk parkir ditempat yang sudah disediakan masjid,” dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.