Sukses

Posko Mudik BPJS Kesehatan Hadirkan Sarana Relaksasi hingga Konsultasi Kesehatan

BPJS Kesehatan resmi menghadirkan Posko Mudik guna mengakomodir masyarakat luas yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta BPJS Kesehatan resmi menghadirkan Posko Mudik guna mengakomodir masyarakat luas yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2023. Selain itu, Posko Mudik tersebut juga merupakan bentuk kepedulian serta komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Guna mendukung tradisi mudik, BPJS Kesehatan sangat peduli terhadap keselamatan dan kenyamanan pemudik. Kepedulian BPJS Kesehatan tersebut dilakukan dengan memberikan pelayanan kesehatan untuk para pemudik. Posko Mudik ini merupakan komitmen pelayanan BPJS Kesehatan terhadap para peserta," ungkap Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti saat meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (18/4/2023).

Ghufron juga menjelaskan bahwa di Posko Mudik ini, pemudik dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia, mulai dari pijat relaksasi hingga layanan ambulans jika pemudik harus dirujuk ke rumah sakit.

"Di sini, pemudik bisa konsultasi kesehatan, bisa lakukan pemeriksaan kesehatan, mendapatkan obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bila diperlukan, menyediakan ambulans untuk mengantar pemudik jika diperlukan ke rumah sakit," ujarnya.

Posko Mudik yang dihadirkan BPJS Kesehatan tersedia dari 18 hingga 21 April 2023 dan berlokasi di lima titik keberangkatan pemudik. Kelima lokasi tersebut di antaranya Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Selain itu, satu Posko Arus Balik juga dihadirkan, yaitu di Rest Area 319 B Pemalang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandeng Penyandang Disabilitas

Di Posko Mudik ini, BPJS Kesehatan juga secara khusus menggandeng penyandang disabilitas dalam hal ini tuna netra untuk membantu memberikan layanan kepada pemudik yang berkunjung.

"Kami menggandeng ahli pijat tuna netra yang dihadirkan untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi di Posko Mudik BPJS Kesehatan. Ini juga sebagai upaya kami dalam pemberdayaan peran penyandang disabilitas," ucap Ghufron.

"Ahli pijat tersebut juga sudah tersedia di seluruh Posko Mudik BPJS Kesehatan," imbuhnya.

Berbagai fasilitas Posko Mudik yang dapat dimanfaatkan para pemudik bisa dinikmati secara gratis dan akan beroperasi selama 24 jam penuh.

"Selama 24 jam, akan terbagi menjadi tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans," jelas Ghufron.

Selain beragai fasilitas yang bisa merelaksasikan tubuh pemudik, Posko Mudik juga digunakan sebagai sarana edukasi Program JKN. Di posko mudik ini, BPJS Kesehatan menghadirkan Pojok Mobile JKN. Ghufron berharap dengan adanya sarana tersebut, masyarakat bisa lebih mengenal dan memanfaatkan aplikasi yang disiapkan BPJS Kesehatan.

 

3 dari 3 halaman

Tetap Buka saat Libur Lebaran

Dalam rangka mengakomodir berbagai kebutuhan peserta JKN, BPJS Kesehatan pun menerapkan piket layanan khusus di kantor cabang. Piket layanan tersebut meliputi akses layanan tatap muka di Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Layanan peserta JKN tersebut dimulai pada periode 19 hingga 21 April 2023 dan 24 hingga 25 April 2023 pukul 08.00 sampai 12.00 waktu setempat.

Tak hanya itu, selama periode libur Lebaran 2023, BPJS Kesehatan juga telah membuka 955.429 kanal pembayaran yang bisa dimanfaatkan peserta untuk membayar iuran kepesertaan JKN. BPJS Kesehatan juga melayani peserta JKN yang ingin mendaftar auto debit melalui aplikasi Mobile JKN.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.