Sukses

Masjid Raya Islamic Centre Karya Ridwan Kamil Jadi Landmark Baru Jawa Timur

Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi landmark baru. Sebab, masjid raya tersebut didesain sedemikian rupa hingga mewujud bangunan yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi landmark baru. Sebab, masjid raya tersebut didesain sedemikian rupa hingga mewujud bangunan yang unik.

Dalam peresmian masjid tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa selama ini Jawa Timur belum memiliki masjid raya atau masjid provinsi. Yang sudah ada hanya masjid di belakang Islamic Centre Jawa Timur. Itu pun dinilai kurang representatif. Sebab, ukurannya kecil.

"Provinsi Jawa Timur secara kualifikasi ternyata memang belum memiliki masjid. Ada di belakang (Islamic Centre Jawa Timur). Tapi, saya dari dulu bilang itu masjid serasa musala," ujar Khofifah, Sabtu 18 Maret 2023.

Untuk itu, ketika melaksanakan kunjungan kerja ke Jawa Barat dua tahun lalu, Khofifah secara khusus meminta Ridwan Kamil membuat desain untuk Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur.

”Kami terimakasih kepada Kang Emil, Pak Ridwan Kamil, yang membantu mendesain,” ucap Khofifah.

Senada, pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, KH Asep Saifudin Chalim menyampaikan bahwa Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur menjadi representasi regional Jawa Timur yang membanggakan.

"Kalau masjid nasionalnya ada Masjid Al-Akbar, maka masjid rayanya adalah masjid ini," kata dia.

KH Asep menuturkan, masjid yang didesain oleh Ridwan Kamil tersebut sangat indah. Baginya keindahan masjid itu bukan sekedar pemanis secara estetis, melainkan juga menimbulkan perasaan betah kepada jemaah yang datang untuk beribadah di sana.

"Dan saya kira indah sekali (desainnya) untuk membuat kenyamanan dalam beribadah," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkesan dengan Desain Ridwan Kamil

Sementara, Ketua Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur, Muhammad Roziqi menyampaikan tak ada masjid yang menyamainya. Karena itu dia memuji desain Ridwan Kamil tersebut.

"Karena ulah tangan-tangan beliau sehingga menghasilkan masjid yang semegah ini. Mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah untuk beliau," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.