Sukses

Sapi yang Terjebak di Parit Usai Lepas dari Truk Pengangkutnya Dipotong

Polisi memutuskan memotong satu ekor sapi yang berada di parit usai berlarian di Tol Cengkareng arah Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memutuskan memotong satu ekor sapi yang berada di parit usai berlarian di Tol Cengkareng arah Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Sebelumnya, truk pengangkut sapi terguling di Gerbang Tol (GT) Cengkareng 2, Kamis malam 16 Maret 2023.

Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Bambang Askar Shodiq menjelaskan, kesepakatan memotong sapi tersebut telah sesuai izin dari pemilik sapi, karena kondisi sapi yang sudah sulit untuk dievakuasi dari parit.

"Iya ada kesepakatan, kita kan jangan sampai ada yang ini ya, kan pengurus kita panggil dia nggak bisa, nggak mampu. Ya sudah potong saja daripada permasalahan baru dan kita tidak ingin timbul permasalahan baru," ucap Bambang kepada wartawan, Jumat (17/3/2023).

Bambang mengatakan alasan memotong juga karena faktor keselamatan masyarakat termasuk para pengendara yang melintas. Terlebih, lanjut dia, posisi sapi yang berlarian turut mengarah ke area Bandara Soekarno Hatta.

"Ini bukan evakuasi orang ataupun barang. Ini hewan, kita prediksinya jangan sampai mengambil risiko. Karena ini Bandara Internasional Soekarno Hatta terus juga nasional saya tidak mau ini terganggu kelancaran dan kenyamanan masyarakat dan pengguna Bandara," tuturnya.

Atas adanya kejadian ini, Bambang pun mengimbau agar para pelaku usaha yang mengangkut beban agar diperhatikan barang muatannya. Supaya keamanan saat berkendara bisa terjaga dan meminimalisir potensi kecelakaan.

"Yang pasti, pihak pelaku usaha, itu harus menyiapkan segala sesuatunya, termasuk armada pengangkutnya. Jadi mulai dari pengecekan dari awal kesiapan pengemudinya, kesiapan kendaraannya serta harus dipastikan muatan yang diangkut ini bener-bener aman," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Sapi Berlarian di Jalan Bandara Soekarno Hatta Usai Truk Pengangkutnya Kecelakaan

Viral di media sosial mengenai sejumlah sapi yang berlarian di jalur Tol Cengkareng arah Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Kamis malam 16 Maret 2023. Sapi tersebut berlarian, akibat truk pengangkutnya terguling di Gerbang Tol (GT) Cengkareng 2.

"Terjadi kecelakaan truk yang mengangkut hewan ternak di sebelum gerbang tol Cengkareng. Saat ini situasi arus lalu lintas dari arah Jakarta ke arah bandara alhamdulillah masih lancar," Kasat Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq, saat dikonfirmasi, Jumat (17/3/2023).

Akibat truk pengangkut terguling, sejumlah sapi pun terlepas hingga berlarian ke lajur tol dan sempat menyerempet dua kendaraan ketika berlari sejauh 3,8 kilometer sampai kisaran KM 28.

"Baik memang betul, jadi dua kendaraan pengemudi taksi yang melaporkan ke kami. Bahwa telah menabrak hewan ternak di km 28 arah bandara," tuturnya.

Sementara diketahui dari informasi yang dihimpun, truk pengangkut itu ternyata membawa sebanyak 13 sapi. Sementara hanya ada dua sapi yang berhasil lepas dan berlarian ke arah Bandara Soetta.

Atas hal tersebut, lanjut Bambang, sapi-sapi tersebut pun satu sapi telah dievakuasi usai berlarian di jalur tol. Sedangkan satu sapi lainnya telah berada di sekitar Taman Niaga Soewarna Bandara Soetta.

"Saat ini ada satu hewan ternak yang masuk ke area Niaga Soewarna," kata Bambang.

 

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.