Sukses

Bendung Katulampa Siaga 3, BPBD Imbau 20 Wilayah di Jakarta Waspada Banjir

BPBD DKI Jakarta menginformasikan bahwa pada pukul 06.00 WIB ketinggian Bendung Katulampa 100 cm gerimis dalam status siaga 3

Liputan6.com, Jakarta - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Minggu, 26 Februari 2023 malam hingga Senin (27/2/2023) pagi.

Hujan menyebabkan kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) di sejumlah pos pantau pintu air di Jakarta. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta per pukul 06.00 WIB, Bendung Katulampa berada pada level siaga 3.

"Kami BPBD DKI Jakarta menginformasikan bahwa pada pukul 06.00 WIB ketinggian Bendung Katulampa 100 cm gerimis dalam status siaga 3," kata BPBD DKI melalui akun Instagram @bpbdkijakarta, Senin (27/2/2023).

Adapun kronologi kenaikan TMA pos pantau Pintu Air Bendung Katulampa terjadi pada pukul 05.00 WIB dengan TMA 80 centimeter (cm) dan cuaca gerimis. TMA naik 20 cm pada pukul 06.00 WIB menjadi 100 cm dengan cuaca gerimis.

Oleh sebab itu, BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai agar waspada dan hati-hati terhadap bahaya banjir.

Pasalnya, BPBD DKI Jakarta memprediksi bahwa 6 hingga 9 jam ke depan air akan sampai di Pintu Air (PA) Manggarai. Setidaknya ada 20 wilayah disepanjang bantaran sungai yang diimbau antisipasi banjir.

"Antisipasi lebih kurang 6-9 jam ke depan air akan sampai di PA Manggarai," kata BPBD DKI Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah yang Dilalui Aliran Sungai

Adapun wilayah yang dilalui aliran sungai antara lain Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Pejaten Timur, Rajawati, Pengadegan, Cikoko, Kebon Baru, Bukit Duri.

Lalu Manggarai, Kalisari, Baru, Cijantung, Gedong, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu, dan Kebon Manggis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.