Sukses

3 Halte Transjakarta Direlokasi karena Pekerjaan MRT Jakarta Fase 2A, Apa Saja?

PT Transjakarta akan merelokasi sementara tiga halte karena adanya pekerjaan proyek MRT Jakarta Fase 2A.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan merelokasi sementara tiga halte karena adanya pekerjaan proyek MRT Jakarta Fase 2A CP-202. Tiga halte tersebut adalah Halte Mangga Besar, Halte Sawah Besar, dan Halte Harmoni.

"Dalam rangka mendukung pengembangan transportasi di Jakarta terkait proyek konstruksi MRT Jakarta Fase 2, kami informasikan relokasi pada 3 Halte Transjakarta," kata Pemprov DKI dalam akun Twitternya @DKIJakarta, dikutip Selasa (21/2).

Nantinya, halte tersebut akan direlokasi ke halte sementara. Namun, Pemprov DKI dan Transjakarta belum merinci lokasi halte sementara tersebut.

"Nantikan informasi selanjutnya untuk halte sementara ya," sambungnya.

Adapun Halte Mangga Besar akan direlokasi mulai 25 Februari 2023. Sedangkan untuk Halte Sawah Besar akan direlokasi pada 28 Februari. Terakhir, Halte Harmoni direlokasi tanggal 3 Maret.

"Terima kasih atas dukungan dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya, ya," ujar Pemprov DKI.

MRT Fase 2A CP 202 akan terdiri dari Stasiun Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, dan terowongan sepanjang sekitar 1,2 kilometer. Pembangunannya resmi dimulai pada 18 Juli 2022.

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mengatakan, per 25 Januari 2022 lalu progres pembangunan telah mencapai 9,095 persen.

Cakupan pekerjaan CP 202 meliputi pengerjaan proteksi dan relokasi utilitas, konstruksi halte sementara transjakarta, penyiapan primary beam dan RC slab foundation untuk canal decking, dan penanganan rel trem kuno.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Pengerjaan MRT Fase 2, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI-Simpang Harmoni

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Simpang Harmoni, Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan imbas pengerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 segmen CP-201.

"Sehubungan dengan pekerjaan lanjutan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 segmen CP-201, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (9/2/2023).

Syafrin mengatakan, lokasi pekerjaan yang berdampak pada traffic diversion berada di Jalan MH Thamrin mulai dari Bundaran Air Mancur Monumen Nasional (Monas) atau Patung Kuda sampai Stasiun MRT Bundaran HI.

Menurut Syafrin, untuk menunjang pekerjaan tersebut, rekayasa lalu lintas akan dilakukan sesuai dengan tahapan pekerjaan. Adapun waktu pekerjaan dimulai pada 12 Februari 2023 sampai dengan 15 Juni 2023.

Dishub DKI Jakarta bakal melakukan pengerjaan power blender untuk perbaikan stabilitas tanah, pekerjaan dinding pembatas untuk konstruksi dinding diafragma sisi barat-pulau selatan, pekerjaan jet grouting untuk perkuatan tanah, instalasi king post stasiun sisi arat, dan instalasi decking di sisi timur.

"Nantinya lalu lintas dari arah barat (Tanah Abang) menuju timur (Senen) masih dapat melewati simpang Jalan Kebon Sirih hingga Jalan MH Thamrin Tugu Jam," kata Syafrin.

Kemudian lanjut dia, lalu lintas dari arah selatan menuju utara Jalan MH Thamrin sisi barat: empat lajur reguler (mix traffic) Transjakarta ditambah satu lajur contra flow Jalan MH Thamrin sisi timur, di sisi selatan Tugu Jam.

Lalu, lajur reguler (mix traffic) Transjakarta, satu lajur contra flow Jalan MH Thamrin sisi timur, di sisi utara Tugu Jam.

"Lebih lanjut, untuk lalu lintas dari arah utara menuju selatan Jalan MH Thamrin sisi timur: empat lajur reguler (mix traffic) Transjakarta sisi utara Tugu Jam," ucap Syafrin.

Kemudian, juga terdapat empat lajur reguler mix traffic Transjakarta di sisi selatan Tugu Jam.

"Selama pekerjaan berlangsung, akan dilakukan pengalihan lalu lintas," ucap Syafrin.

 

3 dari 3 halaman

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Adapun pengalihan lalu lintasnya antara lain sebagai berikut:

- Lalu lintas dari arah Timur Jalan Kebon Sirih yang menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri berputar di Bundaran HI.

- Lalu lintas dari arah Timur Jalan Medan Merdeka Selatan yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

- Lalu lintas dari arah Timur Jalan K. H. Wahid Hasyim yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan lurus melalui KH Wahid Hasyim dan seterusnya.

- Lalu lintas dari arah Selatan Jalan H Agus Salim yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri melalui KH Wahid Hasyim dan seterusnya.

- Rute Angkutan Transjakarta 5M (Terminal Kampung Melayu-Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

- Rute Angkutan Transjakarta 1R (Terminal Senen-Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.