Sukses

Cegah Kanker Serviks, Yuk Ikuti Tes Gratis di Kota Tangerang

Pemkot Tangerang mengimbau warganya, terutama wanita berusia 30-50 tahun untuk memanfaatkan layanan gratis ini guna mencegah kanker serviks yang berbahaya.

Liputan6.com, Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggencarkan layanan tes IVA gratis kepada warganya untuk mencegah terjadinya kanker leher rahim atau kanker serviks. Tes gratis ini dilakukan melalui program Gebyar Cibodas Taiyo, Selasa (7/2/2023).

"Hari ini, kami melaksanakan peluncuran Gebyar Cibodas Taiyo atau Tes Iva Yok, untuk masyarakat agar mengantisipasi atau mendeteksi kanker rahim sejak dini. Ini juga sekaligus memperingati Hari Kanker Sedunia dan sebagai rangkaian HUT ke-30 Kota Tangerang," kata Camat Cibodas, Buceu Gartina.

Dia melanjutkan, sosialisasi ini terus digencarkan salah satunya dengan talk show yang target audiensnya adalah ibu-ibu RT/RW, juga kader-kader posyandu, dan PKK sehingga dapat menyentuh segala lini di masyarakat.

"Kami akan mengadakan kegiatan talk show juga bersama dengan dokter obgyn, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat betapa bahayanya kanker rahim ini jika tidak segera diperiksakan. Nanti, kami juga akan roadshow ke perusahaan yang ada di Kecamatan Cibodas agar para pegawainya juga memeriksakan iva tes ini di puskesmas," tuturnya.

Kecamatan Cibodas memiliki tiga Puskesmas yaitu Puskesmas Baja, Puskesmas Panunggangan Barat, dan Puskesmas Cibodasari yang menerima layanan iva tes secara gratis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mari Manfaatkan Layanan Gratis

Sub Koordinator Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Selpi Pratiwi mengimbau kepada masyarakat khususnya bagi wanita yang berusia 30 hingga 50 tahun dan aktif secara seksual, untuk melakukan iva tes karena kanker rahim ini termasuk silent killer. Sehingga, harus dideteksi sedini mungkin untuk penanganan lebih cepat.

"Sebaiknya, memeriksa atau melakukan tes iva ini satu tahun sekali karena kanker rahim ini termasuk penyakit yang diam-diam mematikan. Jika terlambat untuk dideteksi, dia bisa jadi sudah masuk ke stadium yang tinggi," katanya.

Gejala kanker serviks adalah, adanya pendarahan setelah hubungan seksual, cairan seperti nanah keluar di luar waktu haid dan harus diwaspadai. Maka dari itu, lanjutnya, mari manfaatkan program ini karena gratis sebagai bentuk deteksi dini dan antisipasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.