Sukses

Isu Reshuffle Kian Santer, Jokowi Gelar Rapat Tanpa 2 Menteri dari NasDem

Isu reshuffle kabinet Jokowi masih terus bergulir. Bahkan wacana reshuffle akan dilakukan pada Rabu 1 Februari 2023, hal ini merujuk pada kebiasaan Jokowi yang melakukan perombakan kabinet di hari Rabu Pon.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) mengenai masalah beras di Istana Negara, hari ini, Selasa (31/1/2023). Namun Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tidak hadir dalam rapat itu.

Hanya terlihat Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi yang hadir dalam ratas tersebut.

Kepala Bulog Budi Waseso (Buwas) tak menjelaskan spesifik alasan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) tidak ikut rapat meski ikut berperan dalam urusan pangan. Dia juga mengaku tak tahu mengenai isu reshuffle atau perombakan kabinet yang bergulir.

"Orang yang diundang saya cuma bertiga urusan beras. Ya ini kan masalah penyaluran operasi pasar Mendag itu stabilisasi saya pelaksananya, Pak Arief itu yang ngitung neracanya," kata Buwas di Istana Negara, Jakarta..

"Saya enggak tahu (reshuffle)," kata mantan Kabareskrim Polri ini.

Selain itu, terlihat sejumlah menteri lain yang merapat ke Istana pada hari ini, seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Turut pula hadir Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong. Ketidakhadiran Menteri LKH Siti Nurbaya Bakar menjadi pertanyaan. Alue juga tak ingin komentar soal tidak hadirnya menteri dari NasDem ini.

"No coment kalo urusan itu, no coment," ujarnya singkat.

Kabar reshuffle kabinet kian santer. Reshuffle disebut-sebut akan dilakukan pada Rabu 1 Februari 2023 besok, merujuk pada kebiasaan Jokowi melakukan perombakan kabinet pada Rabu Pon.

PDIP sebelumnya menyarankan agar Menteri LHK dan Menteri Pertanian dievaluasi. Kedua menteri itu merupakan kader Partai NasDem.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Istana soal Kemungkinan Reshuffle Rabu 1 Februari 2023

Sekretaris Kabinet Pramono Anung akhirnya buka suara soal kabar reshuffle kabinet pada Rabu mendatang atau 1 Februari 2023. Diketahui, menurut hitungan kalender Jawa, Rabu Pon jatuh di tanggal tersebut.

Berdasarkan kebiasaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, hari di mana perombakan kabinet diumumkan pada hari tersebut. Namun menurut Pramono, Jokowi di hari tersebut punya kegiatan kunjungan ke Bali.

"Rabu saya mendampingi presiden ke Bali, sore berangkat," singkat Pramono Anung di Istana Negara Jakarta, Senin (30/1/2023).

Saat dipertegas agenda presiden pada Rabu pagi dan siang, Pramono mengelak menjawab. Meski dia mengaku sudah tahu agenda presiden di hari tersebut.

"Walaupun tahu (tapi) mohon maaf ya," tutur dia merahasiakan.

Presiden Jokowi kembali buka suara soal perombakan kabinet atau reshuffle. Terbaru, hal itu disampaikan kepala negara usai melakukan Kick Off ASEAN 2023 di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu 29 Januari 2023. Jokowi menyampaikan dengan tegas yakni harap menunggu.

"Tunggu saja," tegas kepala negara kepada awak media.

Jokowi kemudian disinggung soal Rabu Pon. Diketahui, Rabu Pon menjadi kebiasaannya melakukan reshuffle. Rabu Pon akan jatuh pada 1 Februari 2023.

"Masa? Benar?," jawabnya dengan santai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Presiden Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet sebanyak tiga kali selama pemerintahannya.
    Presiden Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet sebanyak tiga kali selama pemerintahannya.

    Reshuffle kabinet Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Nasdem