Sukses

Demokrat Tegaskan AHY Resmi Dukung Anies Baswedan Capres 2024

Demokrat berharap, pernyataan dukungan AHY terhadap Anies Baswedan sebagai Capres 2024 ini bisa membuat koalisi dengan NasDem dan PKS segera terbentuk.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menyatakan dukungan terhadap pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Hal itu disampaikan Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya usai pertemuan tim kecil antara Partai NasDem, Demokrat, dan PKS di Pendopo Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

"Kemarin, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono telah menyampaikan posisinya secara terang-benderang terkait untuk mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024," kata Riefky Harsya usai di Pendopo Anies Baswedan.

Dengan adanya pernyataan dukungan terhadap Anies Baswedan, dia berharap dapat segera terbentuk koalisi perubahan yang terus dimatangkan Demokrat bersama Partai NasDem dan PKS.

"Tentu harapan kami adalah bahwa tiga partai segera menandatangani dukungan untuk Pak Anies sebagai calon presiden, ya ini yang kami sedang terus dorong tentu juga kami yakin bahwa Nasdem dan PKS juga akan menyegerakan itu karena yang paling penting adalah Deklarasi yang 20 persen (koalisi perubahan)," paparnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, perihal deklarasi dukungan AHY kepada Anies hanya dilakukan melalui keterangan resmi. Sebab, menurut Partai Demokrat, deklarasi yang harus dilakukan adalah deklarasi koalisi perubahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penegaskan Sikap AHY Dukung Anies Capres 2024

Sebelumnya, Perwakilan atau utusan tim kecil Anies Baswedan, Sudirman Said mengungkapkan pertemuan yang dilakukan NasDem, Demokrat, dan PKS pada Jumat (27/1/2023).

Dia mengatakan, pertemuan kali ini untuk menegaskan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Hari ini bertemu untuk mendengar berbagai progres atau update dari masing-masing partai politik. Tentu yang paling baru adalah kita tahu kemarin Pak Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum Partai Demokrat mengeluarkan rilis atau statement bahwa telah secara resmi mendukung pencalonan (Anies sebagai capres)," kata Sudirman Said, usai pertemuan tim kecil.

Dia pun mengaku, bersyukur atas pernyataan AHY mendukung pencalonan Anies. Sebab, semakin dekat menuju pengusungan Anie di Pilpres 2024.

"Kita syukuri sebagai suatu progres karena dengan begitu maka kita sudah mencapai mendekati 20 persen tinggal satu lagi dan insyaAllah kita doakan mudah-mudahan teman kita dari PKS juga akan menyusul pernyataan semacam itu (dukung Anies)," ucapnya.

Sudirman Said mengungkapkan, di dalam internal PKS tinggal menunggu finalisasi untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Anies. Sehingga, setelah PKS mengumumkan, Anies bisa diusung pada Pilpres 2024.

"Kita tunggu proses internal yang sedang berlangsung dan dalam proses finalisasi mudah-mudahan," imbuh Sudirman Said.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.