Sukses

Kaesang Terjun Politik, Pengamat: Jokowi Dianggap Sedang Menancapkan Trah

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik menuai pembicaraan hangat. Pengamat komunikasi politik, M Jamiluddin Ritonga menilai, ketertarikan Kaesang terjun ke dunia politik hal yang wajar.

"Kaesang kesehariannya melihat ayah, kakak, dan kakak iparnya intens di dunia politik. Hal itu secara langsung menularkan dunia politik kepada Kaesang. Jadi, keluarga Presiden Joko Widodo membentuk Kaesang tertarik ke dunia politik. Hal itu kiranya terjadi secara alamiah," kata Jamiluddin saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Menurut Jamiluddin, peluang Kaesang di dunia politik tentu terbuka. Sebab, sokongan sang ayah, kakak, dan kakak ipar akan memudahkan Kaesang berkarier di dunia politik. Peluang itu semakin besar disaat sang ayah masih presiden.

"Setidaknya karier politiknya dapat dimulai dari wali kota Solo. Ia bisa menggantikan sang kakak Gibran sebagai wali kota," kata dia.

Jamiluddin menyebut, jika Kaesang hendak berkiprah di Solo akan lebih mudah. Sebab, Kota Solo menjadi basis sang ayah dan kakaknya Gibran. Namun demikian, lanjutnya, Jokowi akan dinilai melanggengkan dinasti politik.

"Karena itu, sebagian orang akan menganggap Jokowi sedang menancapkan trahnya di dunia politik. Trah Jokowi dinilai akan bersaing dengan trah Soekarno. Tuduhan itu akan semakin menguat bila prestasi kakak dan kakak ipar Gibran sebagai wali kota landai-landai saja. Mereka bahkan bisa saja dinilai sebagai politisi karbitan," kata dia.

"Jadi, ketertarikan Kaesang ke dunia politik akan menuai pro dan kontra. Apalagi bila dia nanti mencalonkan diri untuk wali kota Solo. Tuduhan politisi karbitan akan semakin mencuat," pungkas Jamiluddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kaesang Pangarep Ungkap Keinginan Terjun ke Politik, Jokowi dan Gibran Kaget

Kaesang Pangarep rupanya ingin mengikuti jejak sang kakak untuk terjun ke politik. Keinginan itu dia sampaikan kepada sang kakak Gibran Rakabuming Raka dan sang ayah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran di Solo, Selasa, (24/1/2023).

Meski demikian, Wali Kota Solo itu belum mengetahui apakah Kaesang mulai terjun ke politik pada Pilkada 2024.4.

"Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," ujar Gibran seperti dikutip dari Antara.

Gibran mengatakan ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi di daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu juga sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

"Kalau saya lihat, misalnya Persis, itu kan yang kerja keras Kaesang. KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat," katanya.

Gibran juga sempat mengajak Kaesang dan Jokowi ke beberapa proyek infrastruktur yang sedang dalam proses pengerjaan di Kota Surakarta.

"Kemarin kan kami ajak juga ke Solo Safari, Technopark, Ngarsopuro. Ya, melihat pembangunan-pembangunan di Solo. Pokoke ada ketertarikan untuk membangun, ikut membantu, lebih ke kontribusi," kata dia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS