Sukses

Usai Digeledah KPK, Akses Masuk DPRD DKI Jakarta Dijaga Ketat Pamdal

Akses masuk kantor DPRD DKI Jakarta dijaga ketat anggota satuan pengamanan dalam (pamdal) usai digeledah KPK

Liputan6.com, Jakarta Akses masuk kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dijaga ketat anggota satuan pengamanan dalam (pamdal) pasca digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa 17 Januari 2023 sejak pukul 15.30 WIB hingga pukul 20.55 WIB malam lalu.

Pantauan Liputan6.com pada pukul 10.04 WIB, Rabu (18/1/2023), akses masuk DPRD DKI Jakarta dijaga enam anggota Pamdal. Ada pula satu anggota kepolisian dari Polda Metro Jaya. Mereka berdiri di depan pintu masuk.

Terlihat Pamdal memberhentikan awak media dan tamu yang datang. Mereka menanyai maksud dan tujuan kedatangan ke DPRD DKI Jakarta.

Saat dikonfirmasi, Pamdal yang berjaga mengatakan perlu berkoordinasi dengan Sub Humas DPRD DKI Jakarta terlebih dahulu untuk memastikan awak media diperbolehkan masuk.

Liputan6.com, mencoba mengonfirmasi kepada Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono. Secara daring, melalui pesan singkatnya Mujiyono menyebut rapat digelar terbuka.

Kendati demikian, Mujiyono menilai penjagaan ketat yang dilakukan saat ini dikarenakan penggeledahan oleh lembaga antirasuah

"Oh masih soal yang tadi malam mungkin," kata Mujiyono kepada Liputan6.com, Rabu (18/1/2023)

Sementara itu, hingga pukul 10.30 WIB ini awak media yang hendak meliput agenda rapat koordinasi Komisi A dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta masih tertahan di depan pintu masuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggeledahan KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa sore (17/1/2023). Berdasarkan informasi yang diterima merdeka.com, tim KPK memeriksa seluruh ruangan DPRD DKI.

Merdeka.com juga memperoleh foto tim KPK yang hendak memeriksa sebuah ruangan. Petugas tersebut tampak menggunakan sarung tangan. Di belakang orang tersebut, tampak seseorang yang menggunakan topi dengan baju logo KPK.

 Merdeka.com coba memasukki gedung DPRD pada sekitar pukul 18.00 WIB. Namun, tidak diizinkan masuk ke dalam kawasan gedung tersebut.

"Enggak bisa. Iya (ada KPK). Kami kan jaga, arahan pimpinan kami ngga bisa (memperbolehkan) masuk. Kami geser ke belakang (media) yang lain," kata salah satu petugas PAMDAL.

Di pintu masuk parkiran DPRD, terdapat 5 PAMDAL yang menjaga. Hingga pukul 18.25 WIB awak media masih belum diizinkan masuk. Sampai artikel ini ditulis, merdeka.com masih mencoba menghubungi pimpinan fraksi DPRD DKI.

3 dari 3 halaman

Terkait Kasus Korupsi Pengadaan Tanah di Pulogebang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Kantor DPRD DKI Jakarta yang terletak di Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Hal itu dibenarkan Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.

“Benar ada kegiatan penggeledahan dimaksud,” tutur Ali saat dikonfirmasi, Selasa (17/1/2023).

Berdasarkan informasi, penggeledahan dilakukan sore ini. Sejumlah ruangan disambangi tim penyidik, antara lain lantai 2, 4, 8, hingga lantai 10.

“Terkait pengumpulan alat bukti dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang,” jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.