Sukses

Jokowi Disambut Raja Belgia di Istana Laeken

Presiden Jokowi mengundang secara langsung Raja Belgia Philippe untuk berkunjung ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan dengan Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie di Istana Laeken, Brussels, Rabu (14/12/2022).

Jokowi disambut langsung di pintu masuk Istana Laeken yang merupakan kediaman resmi keluarga kerajaan Belgia. Setelah melakukan foto bersama, kemudian keduanya langsung menuju ruang pertemuan.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan apresiasinya atas hubungan kedua negara yang sudah terjalin lebih dari 70 tahun.

"Lebih dari 70 tahun, Belgia menjadi mitra penting dan strategis Indonesia. Sebagai bagian dari Komisi Tiga Negara tahun 1949, Belgia menjadi bagian penting sejarah kemerdekaan Indonesia. Belgia juga salah satu negara Eropa yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata Jokowi dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (14/12/2022).

Untuk itu, Jokowi juga mengundang secara langsung Raja Philippe untuk berkunjung ke Indonesia. "Saya rasa kedekatan ini menjadi modal penting kemitraan Indonesia-Belgia ke depan," jelas dia.

Selain membahas hubungan kedua negara, dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, Jokowi juga membahas isu penguatan kerja sama ekonomi dan kerja sama di bidang perubahan iklim.

Turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiba di Brussels, Jokowi Disambut Puluhan WNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi tiba di Brussels, Belgia. Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Jokowi dan delegasi tiba di Bandara Abelag, Brussels sekitar pukul 18.00 waktu setempat, Selasa (13/12).

Tampak menyambut kedatangan Jokowi pejabat Kemlu Belgia Anne Vandormael, Pejabat Dewan Eropa Simona Nikiforova, Duta Besar LBBP RI Brussels Andri Hadi dan Atase Pertahanan KBRI Den Haag merangkap Belgia dan Luksemburg Muhamad Wirda Prayogo beserta istri.

Jokowi kemudian menuju ke hotel tempatnya bermalam di Brussels untuk melanjutkan agenda kunjungan kerjanya mengikuti KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa esok hari.

Setibanya di hotel tempatnya bermalam, mantan Wali Kota Solo itu disambut oleh puluhan WNI yang menanti kehadiran Jokowi. 

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungannya Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sudah berada di Brussels untuk menghadiri pertemuan dalam rangkaian KTT ASEAN-Uni Eropa dan mempersiapkan kunjungan Presiden Jokowi.

3 dari 3 halaman

Hari Kedua di Brussels, Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menghadiri rangkaian acara KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa dan beberapa pertemuan lainnya pada kunjungan hari keduanya di Brussels, Belgia, Rabu (14/12/2022).

Mengawali kegiatan kunjungan kerja pada pagi hari, Presiden Jokowi diagendakan melaksanakan pertemuan dengan Perdana Menteri Republik Ceko. Setelahnya, Presiden akan menuju Istana Laeken untuk melakukan pertemuan dengan Raja Belgia.

Pada siang harinya, Presiden akan menuju Gedung Europa untuk menghadiri sejumlah rangkaian KTT ASEAN-Uni Eropa. Mulai dari penyambutan resmi, sesi pembukaan, sesi foto bersama, dan juga sesi pertemuan.

Di tempat yang sama, Jokowi akan melaksanakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara Uni Eropa.

Malam harinya, Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri jamuan makan malam di Musée Royal de Beaux-Arts. Setelahnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan kemudian akan menuju Bandara Abelag untuk bertolak kembali ke Tanah Air.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Brussels yaitu Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.