Sukses

Dasco Bantah Pergeseran Wakil Wali Kota Medan di Gerindra Akibat Berfoto Bareng Anies

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membantah soal posisi sekretaris DPD Gerindra Sumatera Utara yang juga Wali Kota Medan Aulia Rachman diganti akibat foto bersama Anies Baswedan.

Menurut dia, posisi Aulia sebagai Sekretaris DPD Gerindra Sumut diganti hanya bagian dari revitalisasi pengurusan dan sudah jauh-jauh hari direncanakan.

"Revitalisasi atau kemudian pergantian pengurus di Gerindra biasa. Bahwa rencana pegantian jauh-jauh hari. SK-nya kalau tidak salah 15 atau 30 Oktober," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Dia menjelaskan, revitalisasi pengurus dilakukan dengan parameter yang jelas. Dirinya membantah kalau revitalisasi terhadap Aulia berkaitan dengan hal-hal lain.

"Kalau dikaitkan dengan hal lain saya rasa tidak demikian karena kita juga dalam revilatlisasi punya parameter dan tolak ukur yang jelas," ungkap Dasco.

Dia pun disinggung soal Aulia yang dipanggil oleh Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra usai viral foto bersama Anies. Kata Dasco, partainya hanya meminta klarifikasi.

"Ya kita kan minta klarifikasi itu kan karena viral, karena juga kemudian dari para pengurus menanyakan, ya kita hanya klarifikasi, mengapa bagaimana," tuturnya.

Dasco menambahkan, revitalisasi pengurus tak hanya dilakukan di Sumatera Utara. Dia mengaku, revitalisasi terhadap Aulia tersebut bukan sebagai hukuman.

"Ini kan revitalisasi nggak hanya Sumut loh, saya juga bingung kenapa yang diangkat Sumut karena bulan Januari kita ada rencana pelantikan bersama ada sekitar 7 ketua DPD baru diberikan amanah untuk menjadi panglima di daerah masing-masing," pungkasnya.

 

 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jadi Viral

Foto Wakil Wali Kota Medan sekaligus kader Gerindra Aulia Rachman dengan Capres NasDem Anies Baswedan viral beredar. Saat itu, Anies sedang safari politik mengunjungi ribuan relawannya di Medan.

Buntut dari foto itu, Aulia Rachman dipanggil oleh Majelis Kehormatan Partai Gerindra.

"Ya penjelasan dari yang bersangkutan kan seperti yang dimuat di beberapa media karena dia adalah wakil wali kota, karena itu hari ini atau kapan majelis kehormatan partai memanggil yang bersangkutan untuk dimintai konfirmasi," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, pemanggilan tersebut dilakukan untuk mendengarkan penjelasan langsung dari Aulia terkait pertemuannya dengan Anies.

"Penjelasannya dari situ nanti kita akan dengar apa yang jadi alasan yang bersangkutan kemudian koherensi menemui Anies," ujarnya.

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS