Sukses

Gedung Baintelkam Terbakar, Polri Sebut Tak Ada Dampaknya

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran terjadi di Mabes Polri Jakarta pada Kamis malam, 24 November 2022. Kebakaran di Gedung Baintelkam Mabes Polri itu terjadi pada pukul 22.15 WIB.

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, tidak dampak akan kebakaran tersebut. Menurut dia, itu bisa ditangani dengan cepat.

"Informasi dari Wakabik yang berada di lokasi, kebakaran sudah bisa dikendalikan dan tidak ada barang-barang lain yang terbakar," kata dia saat dikonfirmasi pada Jumat (25/11/2022) dini hari.

Seperti dilansir dari Antara, Ahmad menuturkan, kebakaran di ruang Baintelkam itu diakibatkan oleh gangguan yang dialami dua baterai UPS (uninterruptible power supply).

Gangguan tersebut menimbulkan kepulan asap yang langsung dapat ditangani dengan alat pemadam api ringan (APAR).

"Infonya, ada dua baterai UPS yang mengalami gangguan yang mengakibatkan kepulan asap, saat dipadamkan dengan menggunakan APAR biasa," ujarnya.

Rencananya, kata Ramadhan, baterai UPS itu akan dipindahkan keluar kantor oleh teknisi tapi mengalami hubungan pendek arus listrik.

"Mengalami semacam hubungan pendek yang mengakibatkan percikan api," terangnya.

UPS berfungsi memasok daya ke peralatan elektronik ketika aliran listrik dari PLN terputus sehingga peralatan itu dapat terus berfungsi.

 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Kebakaran di Gedung Mabes Polri Padam

Kebakaran yang menghanguskan lantai satu Gedung Baintelkam Mabes Polri di Jalan Trunojaya, Jakarta Selatan, telah padam. Petugas saat ini tengah melakukan penyedotan asap yang kemudian berlanjut pada pendinginan.

"Sampai saat ini, sudah pemadaman. Kalau di lokasi, sekarang sudah tidak ada titik api lagi, hanya tingggal asap saja, pendinginan," kata Kadis Damkar DKI Jakarta Satriadi kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Kebakaran hebat ini terjadi setelah sebelumnya lokasi tersebut juga terbakar pada pukul 19.55 WIB. Menurut Satriadi, pada peristiwa kebakaran pukul 19.55 WIB, api sudah dapat dikendalikan dengan apar. Namun begitu, beberapa jam kemudian api kembali membesar.

"Awal mulda kebakaran pada pukul 19.55 WIB, sudah dipadamkan APAR oleh kantor. Kemudian dicek tidak ada (api) lagi, kemudian anggota kembali. Kemudian sekitar jam 22.15 WIB itu kita dapat berita ternyata ada penyalaan kembali di lokasi tersebut," kata Satriadi.

Untuk memadamkan api tersebut, kata dia, belasan unit pemadam kebakaran dikerahkan. Selain itu, juga puluhan personel diturunkan.

"16 unit pemadam dikerahkan dengan 65 personel," ujar Satriadi.

Hingga saat ini, dirinya belum dapat memastikan terkait ada tidaknya korban. Petugas saat ini masih fokus pada pemadaman.

"Ada korban atau tidak belum cek lagi, nanti jika sudah dinyatakan selesai, nanti bisa kita cari data, apa yang terbakar dan sebagainya," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.