Sukses

Kala TNI Bangunkan Jamban dan Jalan Penghubung untuk Warga Kertajaya Kabupaten Bekasi

Puluhan KK di Desa Kertajaya, Bekasi hampir rata-rata rumah tidak memiliki jamban. TNI sudah membangun delapan WC komunal yang disebar merata di sejumlah titik.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki pekan ketiga pelaksanaan TMMD Ke-115 wilayah Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, pembangunan fisik di Desa Kertajaya, Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terus dikebut.

Salah satunya pembuatan jamban bagi warga sekitar yang selama ini minim tersedia. Kondisi ini kerap menyulitkan warga melakukan kegiatan MCK.

Puluhan KK di Desa Kertajaya, Bekasi hampir rata-rata rumah tidak memiliki jamban. Sejauh ini aparat TNI sudah membangun delapan WC komunal yang disebar merata di sejumlah titik.

Alhasil pembuatan jamban disambut sukacita oleh warga sekitar. Setelah sekian lama, mereka akhirnya bisa memiliki jamban yang layak sesuai harapan.

Selain itu, ada pula perbaikan jalan penghubung antara Kampung Teluk Haur dan Kampung Kobak Pasir, sepanjang 1.000 meter dan lebar 3 meter. Kemudian perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu), juga ikut dikebut.

Danrem 051/Wkt Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto yang meninjau ke lokasi, menyampaikan apresiasi atas kerja sama seluruh pihak terkait.

"Terima kasih kepada Pemkab Bekasi, aparatur Desa Kertajaya dan Kelurahan Kertasari yang sudah bekerja sama dengan TNI untuk membantu kesulitan masyarakat," ujar Yustinus, Sabtu (29/10/2022).

Menurut dia, program kerja sama antara TNI dan pemerintah daerah ini bertujuan untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat desa. Salah satunya mendapatkan sarana jalan yang layak, yang dapat mempermudah serta mempercepat jarak tempuh saat berkendara.

"Semoga apa yang telah dibangun saat pelaksanaan TMMD ke-115 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kertajaya," imbuh Yustinus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala

Sementara Kasiter Korem 051/Wijayakarta Kolonel Inf Robinson Talupadang mengakui ada sedikit kendala yang menyebabkan pengerjaan pembangunan kurang efisien.

"Kegiatan fisik TMMD Ke-115 ini, sudah berjalan dengan baik. Namun terkait kondisi cuaca, pengerjaan pun agak kurang efisien," ungkap Robinson.

Ia juga mengapresiasi masyarakat yang ikut berpartisipasi membantu aparat TNI dalam pengerjaan sasaran fisik.

"Yang saya lihat di lapangan, antusias warga sangat bagus dalam mendukung kegiatan program TMMD di Desa Kertajaya, sehingga dapat terselesaikan dengan baik, paparnya.

Terpisah, Dandim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf M Horison Ramadhan menyampaikan, saat ini masih ada pembangunan fisik yang belum terselesaikan akibat sejumlah kendala.

Meski begitu, Horison mengapresiasi warga desa yang terus membantu pihaknya agar pembangunan cepat rampung.

"Kami yakin sasaran fisik TMMD Ke-115 di Desa Kertajaya, Pebayuran ini, pembangunannya dapat dituntas tepat waktu," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.