Sukses

Update Banjir Jakarta: 15 RT Masih Terendam dengan Ketinggian Air Capai 50 Cm

Jumlah RT yang tergenang banjir mengalami penurunan. Sebelumnya data pukul 06.00 menyebutkan ada 20 RT yang terendam banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa 25 Oktober 2022 menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 atau Waspada, Pos Depok Siaga 3 atau Waspada, dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 atau Waspada serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, per Rabu (26/10) pukul 09.00 WIB, terdapat 15 RT yang masih tergenang (banjir)," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Rabu (26/10/2022).

Adapun data wilayah terdampak yang masih tergenang adalah sebagai berikut.

Jakarta Timur terdapat 15 RT yang terdiri dari:

Kel. Cililitan

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 80 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Item

Kel. Cawang

- Jumlah: 2 RT

- Ketinggian: 50 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Kel. Kampung Melayu

- Jumlah: 7 RT

- Ketinggian: 50 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Bidara Cina

- Jumlah: 5 RT

- Ketinggian: 50 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

 

Sebagai upaya penanganan, BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditargetkan Surut Secepatnya

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," kata Isnawa Adji.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop," tambah Isnawa.

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.