Sukses

Fraksi Gerindra Akan Panggil Menkes Terkait Masalah Gagal Ginjal Akut

Fraksi Gerindra DPR RI akan memanggil Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk meminta penjelasan terkait penyakit gagal ginjal akut.

Liputan6.com, Jakarta Fraksi Gerindra DPR RI akan memanggil Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk meminta penjelasan terkait penyakit gagal ginjal akut.

Pihaknya akan mendorong parlemen agar di masa sidang mendatang segera bisa menghadirkan sejumlah pejabat terkait untuk menjelaskan permasalahan yang telah merengut nyawa sejumlah anak.

"Hari ini kita sebagai orang tua dibuat khawatir dengan persoalan penyakit gagal akut yang menyerang 200 lebih anak-anak Indonesia. Sebagai partai politik kami memiliki tanggung jawab serta kepedulian terhadap masalah ini dengan bermaksud memanggil dan meminta penjelasan Menteri Kesehatan ketika masa sidang nanti," kata Ketua Fraksi Gerindra DPR RI Ahmad Muzani dalam keterangannya, Senin (24/10/2022).

"Apa sebabnya ratusan anak-anak kita terkena gagal ginjal akut. Penyakit apa? apakah ada obatnya? Kami paham saat ini ibu-ibu semua sedang resah, kita ingin melindungi anak-anak kita dengan sedikit kekuasaan yang kita miliki. Kita ingin memberikan ketenangan kepada setiap orang tua di Indonesia atas persoalan ini," imbuhnya.

Selain Menkes, Gerindra mendorong BPOM yang bertugas mengawasi obat-obatan untuk dihadirkan ke hadapan anggota dewan.

"Itu sebabnya kami juga akan memanggil Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait obat-obat apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi anak-anak. Apa saja kandungan dalam obat-obat itu? Karena kita ingin anak-anak kita terlindungi," ujar Muzani.

"Ini kita lakukan dengan cara politik untuk melindungi seluruh anak-anak kita dan seluruh rakyat Indonesia. Inilah kekuasaan politik, ketika rakyat resah dengan berbagai persoalan, kami berinsiatif memanggil pejabat berwenang terkait untuk meminta penjelasan dan kita cari solusi bersama," tegas wakil ketua MPR RI ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melakukan Pencegahan

Muzani memberikan instruksi kepada anggota DPRD provinsi, kota dan kabupaten Gerindra untuk mengambil upaya perlindungan dan pencegahan penyakit gagal ginjal akut.

"Misalnya dengan mendesak seluruh fasilitas kesehatan seperti rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anak-anak yang terindikasi terkena penyakit gangguan ginjal akut ini," ujar Sekjen Gerindra ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.