Sukses

Hari Santri, Heru Budi Serahkan Bantuan Sarana Urban Farming ke Pesantren

Heru Budi berharap, sarana pertanian ini dapat memantik semangat baru bagi para santri dalam menerapkan urban farming dan mewujudkan kemandirian pangan di lingkungan pesantren.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta menyalurkan sarana pertanian perkotaan atau urban farming pada perwakilan Pondok Pesantren dari lima wilayah Kota Administrasi.

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Pondok Pesantren Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur.

"Kita semua memahami betul bahwa pangan menjadi salah satu kebutuhan primer umat manusia. Oleh karena itu, dalam memenuhi kebutuhan pangan ini, kegiatan urban farming menjadi salah satu solusi yang perlu terus diupayakan bersama," kata Heru, Sabtu (22/10/2022).

Heru berharap, sarana pertanian ini dapat memantik semangat baru bagi para santri dalam menerapkan urban farming dan mewujudkan kemandirian pangan di lingkungan pesantren. Upaya ini juga akan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencegahan stunting di kota Jakarta.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Cecep Khairul Anwar yang hadir dalam acara ini mengatakan, peringatan Hari Santri  2022 yang mengusung tema 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan' ini diharapkan dapat memotivasi para santri agar lebih berdaya dalam meningkatkan kualitas diri di masa yang akan datang.

"Selain dapat memberdayakan para santri, hadirnya dukungan urban farming ini akan meningkatkan kualitas pangan para santri dan berdampak pada kesehatannya juga. Penerapan konsep urban farming yang dirawat dengan minimnya penggunaan bahan pestisida kimia, dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih sehat dan segar," kata Cecep.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Rak Hidroponik

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, terdapat 50 bantuan rak hidroponik yang diberikan kepada 25 Pondok Pesantren di Jakarta.

Adapun yang menerima bantuan secara simbolis adalah perwakilan dari pesantren di 5 (lima) wilayah kota, yaitu:

- Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur

- Darunnajah, Pesanggrahan, Jakarta Selatan

- Minhajut Tholibin, Kalideres, Jakarta Barat

- Al Wathoniyah 43, Cilincing, Jakarta Utara

- Minhaajurrosidin, Cipayung, Jakarta Timur

Eli mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam menerapkan konsep urban farming demi mewujudkan ketahanan pangan sekaligus peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kota Jakarta.

Tidak hanya itu, ia mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung dan mendampingi pesantren-pesantren di Jakarta dalam mengelola urban farming di lingkungannya.

"Kita berharap hadirnya program ini bisa menjadikan pondok pesantren mandiri secara pangan. Selain itu, para santri juga dapat belajar metode urban farming dan memproduksi hasil pangan lokal dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, sekaligus berpartisipasi dalam gerakan mewujudkan kemandirian ketahanan pangan di Indonesia," tutur Eli.

 

 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.