Sukses

Terungkap, Ini Sosok Anak Buah Sambo yang Serahkan Barbuk Laptop ke Bareskrim

Ferdy Sambo diketahui memerintahkan anak buahnya menghapus file rekaman CCTV yang mengarah ke rumahnya saat hari kematian Brigadir J.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakaden B Ropaminal Divpropam Polri AKBP Arif Rachman Arifin secara sukarela menyerahkan barang bukti laptop milik Kompol Baiquni Wibowo ke Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidu) Bareskrim Polri.

Laptop itu berisi salinan DVR CCTV yang mampu mengungkap fakta kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada pada Jumat 8 Juli 2022.

Fakta ini diungkapkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) saat membacakan surat dakwaan untuk Arif Rachman Arifin selaku terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera, Rabu (19/10/2022).

"Pada Senin tanggal 8 Agustus 2022 sekira pukul 17.00 WIB, terdakwa Arif Rachman Arifin menyerahkan laptop yang sudah dipatahkan menjadi beberapa bagian tersebut di mana tidak bekerja sebagaimana mestinya atau tidak dapat berfungsi lagi kepada penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum dengan sukarela," kata Jaksa.

Jaksa menerangkan, Arif Rachman Arifin bersama Brigjen Hendra Kurniawan diperintahkan oleh Ferdy Sambo untuk memberangus tiga DVR CCTV yang telah disalin dan diambil dari penyidik Polres Metro Jakarta Selatan.

Sebagaimana yang dilihat oleh Arif Rachman Arifin bersama-sama Baiquni Wibowo, Ridwan Rhekynellson Soplangit, dan Chuck Putranto dalam rekaman CCTV terpantau Briigadir J masih hidup pada saat kedatangan Ferdy Sambo di Kompleks Perumahan Polri Duren Tiga.

Yosua sedang memakai baju putih dan berjalan dari pintu depan rumah menuju pintu samping melalui taman rumah Dinas Ferdy Sambo. Sehingga, CCTV tidak sesuai dengan kronologis kejadian yang disampaikan Ferdy Sambo.

"Arif Rachman Arifin pergi menemui Chuck Putranto dan Baiquni Wibowo, di pantry depan ruangan Ferdy Sambo dan menyampaikan permintaan Ferdy Sambo kepada Chuck Putranto dan Baiquni Wibowo, “untuk menghapus file yang ada di laptop dan flashdisk, kalau sampai bocor berarti kita berempat yang bocorin”," ujar Jaksa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambo Perintahkan Hilangkan Barbuk

Jaksa menerangkan, Baiquni Wibowo sempat ragu. Namun, Arif Rachman Arifin berusaha meyakinkan bahwa itu merupakan perintah Ferdy Sambo.

“Yakin bang..? “ saksi Baiquni Wibowo, menjawab “perintah Kadiv, saksinya karo paminal“. Baiquni Wibowo, menyampaikan “bang minta waktu untuk backup file pribadi di laptop saya sebelum diformat”," ujar Jaksa.

Jaksa mengungkapkan, Baiquni Wibowo menemui Arif Rachman Arifin pada 14 Juli 2022 sekitar pukul 21.00 WIB di dalam mobil. Saat itu didisampaikan, file/isi di laptop sudah bersih semuanya.

"Baiquni Wibowo meletakkan laptop tersebut di jok belakang sopir, setelah itu Baiquni Wibowo, pergi meninggalkan Arif Rachman Arifin," ujar dia.

Jaksa mengungkapkan Hendra Kurniawan kembali menghubungi Arif Rachman Arifin via whatshap call guna menanyakan perihal permintaan dari Kadiv.

"Apakah sudah dilaksanakan atau belum..? dengan kalimat “rif, perintah kadiv sudah dilaksanakan belum“ dan Arif Rachman Arifin menjawab “sudah dilaksanakan ndan”," ujar Jaksa.

Keesokan hari, Arif Rachman Arifin mematahkan laptop tersebut dengan kedua tanganya dan menjadi beberapa bagian sehingga mengakibatkan sistem elektronik menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya lalu masukkan ke papperbag atau kantong warna hijau dan letakkan dijok depan.

"Papperbag atau kantong yang berisi laptop yang sudah dipatahkan tersebut disimpan di rumahnya," terang Jaksa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.