Sukses

Kebut Penyelesaian SJUT, Pemprov DKI Selesai Potong 122 Kabel Semrawut di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penataan ulang kabel-kabel semrawut di udara. Total terdapat 122 kabel udara yang sudah dipotong di segmen barat dan timur.

Pemotongan dilakukan oleh pihak Dinas Bina Marga (DBM) dan PT Jakarta Propertindo (JakPro). Kabar ini dibagikan melalui unggahan akun Instagram resmi @dkijakarta, Kamis (29/9/2022).

"Total kabel yang sudah dipotong oleh DBM dan JakPro sebanyak 122 kabel (101 kabel di segmen barat, 21 kabel di segmen timur)," demikian keterangan dalam unggahan Instagram @dkijakarta tersebut.

Selain itu, kabel-kabel kusut di udara Jakarta ini akan di tata ulang ke bawah tanah dan ditempatkan dalam ducting atau Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT).

"Sejak tahun 2020, Pemprov DKI Jakarta melalui JakPro, Sarana Jaya, dan Dinas Bina Marga (DBM) menata kabel yang melintang di tiang dan pohon di sepanjang jalan Kota Jakarta," demikian keterangan dalam unggahan Instagram @dkijakarta tersebut.

Sejauh ini, JakPro telah menyelesaikan pengerjaan di tujuh ruas jalan sepanjang 19.459 meter di wilayah Jakarta Selatan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

3 Ruas Jalan dalam Proses

Sementara itu, ada tiga ruas jalan yang sedang dalam proses pembangunan SJUT di wilayah Jakarta Selatan yakni Pattimura, Trunojoyo, dan Sultan Hasanuddin sepanjang 2.963 meter atau 49,07 persen.

Per September 2022 ini, sebanyak 75 jaringan kabel operator telekomunikasi di enam ruas jalan sudah dipindahkan jaringan utilitasnya oleh JakPro ke dalam SJUT Jakarta Selatan.

3 dari 3 halaman

Target

Pemprov DKI memaparkan target penyelesaian SJUT pada 2022. Disebutkan bahwa Perumda Pembangunan Sarana Jaya ditargetkan menyelesaikan SJUT sepanjang lebih kurang 9,03 kilometer pada lima ruas jalan di Jakarta Pusat dan Barat.

Sementara itu, JakPro ditargetkan dapat menyelesaikan SJUT sepanjang lebih kurang 30 kilometer pada sembilan ruas jalan di Jakarta Selatan dan Timur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.