Sukses

Anies Terima Wali Kota Rotterdam, Bahas soal Pangan hingga Banjir di Perkotaan

Anies dan Wali Kota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb berdiskusi tentang masalah-masalah umum yang menyangkut perkembangan dunia, misalnya inflasi, pangan, dan air saat berjumpa di Balai Kota DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima salah satu delegasi kota untuk Urban 20 (U20) Mayors Summit, yaitu Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin (29/8/2022). 

"Saya mendapatkan kehormatan untuk menerima Wali Kota Rotterdam, Bapak Ahmed Aboutaleb. Beliau adalah Walikota Rotterdam, sebuah kota yang memiliki tantangan yang sama dengan kita, kota di tepi pantai. Kota dengan tantangan permukaan air laut yang juga mirip dengan yang dialami Jakarta," kata Anies. 

Dalam kedatangan ini, Anies dan Aboutaleb berdiskusi tentang masalah-masalah umum yang menyangkut perkembangan dunia, misalnya inflasi, pangan, dan air. 

"Tadi kita berdiskusi tentang masalah-masalah umum yang menyangkut perkembangan dunia. Jadi dari mulai persoalan inflasi sampai dengan masalah penanganan soal air, penanganan soal pangan. adi sangat luas diskusi yang kita bahas tadi," tambah Anies. 

Anies juga mengatakan, banyak staf yang dikirim ke Belanda untuk membahas masalah pengelolaan kota. 

"Ada banyak staf Jakarta yang dikirim ke Belanda melalui program Detect. Mereka mendapatkan pengalaman dari masyarakat dan pengelola kota khususnya di Rotterdam tentang pengelolaan air yang itu kemudian menjadi pembelajaran bagi tim kita di sini," kata Anies. 

Adapun U20 akan berlangsung Pada 30-31 Agustus 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat. Tahun ini, U20 akan berfokus pada isu dan tantangan akibat pandemi COVID-19 yang dihadapi oleh kota-kota di dunia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema Kota Pascapandemi

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini mengangkat tema “Kota Pascapandemi". U20 akan memberi kesempatan bagi para pemimpin kota untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi, dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia yang akan dibagikan dalam forum Presidensi G20 dan kepada para Kepala Negara G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang, guna meningkatkan peran kota sebagai pemimpin ekonomi dan politik global. 

"Hari ini, Jakarta memulai kegiatan sebagai tuan rumah dari pertemuan Tingkat Tinggi Urban 20, bagian dari kegiatan G20, di mana para walikota dari negara-negara anggota G20 akan berkumpul. Ini adalah kota-kota besar anggota G20 yang walikota atau gubernurnya akan hadir bersama-sama untuk membahas masalah yang relevan dengan tantangan hari ini dan ke depan," jelas Anies. 

Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan krisis akibat pandemi COVID-19, darurat iklim, dan peningkatan ketimpangan struktural. 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.