Sukses

Ketua Kloter: Bagamana pun Cara Jemaah Haji Mengemas Air Zamzam, Bakal Ketahuan

Dia meminta kasus koper bagasi yang dibongkar karena kedapatan membawa air zamzam menjadi pembelajaran bagi jemaah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji terus diingatkan untuk tidak membawa pulang air zamzam ke Tanah Air. Karena dengan cara bagaimana mengemas air zamzam, pasti akan ketahuan.

"Jadi ketua kloter sudah kami sampaikan ya agar mereka mewanti-wanti jemaahnya agar tidak membawa zamzam di dalam koper. Mau bagaimana pun juga mereka mengemas air zamzam akan ketahuan juga saat masuk mesin X-ray, dan itu akan dikeluarkan," ujar Ketua Sektor 4 Ahmad Ridani, Makkah, Jumat (15/7/2022).

Ridani mengatakan, daripada hal tersebut terjadi dan menghambat proses perjalanan koper ke bandara, lebih baik sekarang air zamzam yang dimasukkan ke dalam koper bagasi dikeluarkan.

Dia meminta kasus koper bagasi yang dibongkar karena kedapatan membawa air zamzam menjadi pembelajaran bagi jemaah. Bahwa akan ketahuan walaupun berbagai cara membungkusnya dan masuk bagasi walaupun hanya 1 botol.

Sementara itu, 360 jemaah haji yang berasal dari SOC 1 dilepas ke Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz pada Kamis (14/7/2022) malam. Jemaah dari SOC-1 rencananya terbang pada Jumat 15 Juli 2022 pukul 05.10 waktu Arab Saudi dan tiba di Tanah Air pukul 22.15 WIB.

Prosesi perpisahan ditandai dengan upacara yang digelar di Hotel Al Kiswah dengan dipimpin oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. Suasana haru mewarnai upacara pelepasan jemaah. Jemaah juga dilepas dengan tabur bunga dan minum air zamzam dari pihak hotel.

Satu per satu jemaah memasuki memasuki bus dengan membawa tas koper kabin. Seorang jemaah pun mengatakan senang segera pulang karena akan bertemu dengan keluarganya.

"Senang karena mau ketemu keluarga. Rindu anak-anak," kata Kartini, dari Pati, Tengah.

Dia pun mengaku ingin kembali lagi ke Tanah Suci. "Kalau Allah menghendaki saya ingin ke sini lagi," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Haji Mabrur

Sementara itu Wamenag berharap, jemaah yang akan pulang menjadi haji mabrur.

"Tidak terasa 42 hari Bapak Ibu di tanah suci untuk melaksanakan niat yang mulia melaksanakan rukun islam kelima yaitu tunaikan ibadah haji. Tentunya kami semuanya mendoakan niat yang mulia ibadah-ibadah kita selama di tanah suci baik rukun, yang jadi syarat wajib manasik haji betul-betul bisa diterima oleh Allah dan kita menjadi haji mabrur," kata Wakil Menteri Agama sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa'adi, Kamis malam.

Dia menyampaikan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta maaf kepada jemaah bila selama di tanah suci pelayanan yang diberikan kurang maksimal.

"Menag pesankan pada kita dan mohon maaf jika selama Bapak Ibu di tanah suci kami sebagai pelayan Bapak Ibu kurang memberikan apa yang diharapkan. Mungkin ada kekurangan-kekurangan, mungkin ada hal-hal yang kurang bisa kami penuhi, meskipun kami sudah semaksimal mungkin menyiapkan, namun sebagai manusia pasti ada kekurangan-kekurangannya. Untuk itu, Bapak Menag sampaikan maaf jika ada hal-hal yang kurang di Bapak Ibu sekalian," kata Zainut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.