Sukses

HIPMI Banyuwangi Bedah Rumah Tak Layak Huni dengan Teknologi Risha

Misi pemerintah daerah Banyuwangi untuk melakukan bedah rumah terhadap ribuan rumah yang tak layak huni mendapatkan dukungan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi Misi pemerintah daerah Banyuwangi untuk melakukan bedah rumah terhadap ribuan rumah yang tak layak huni mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banyuwangi yang membedah rumah warga miskin dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (Risha).

Dua warga Banyuwangi yakni Hawiyah warga Dusun Gebud, Desa Pendarungan, Kecamatan Kabat; dan Siami, Dusun Krajan, Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat mendapatkan kesempatan rumahnya direnovasi oleh HIPMI.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih atas dukungan HIPMI terhadap program bedah rumah yang digalakkan oleh pemkab.

“Bedah rumah tidak hanya sekadar memperbaiki rumah saja. Namun juga turut mengurangi kemiskinan dan menggerakkan ekonomi masyarakat. Penanganan kemiskinan tidak bisa dilakukan sendiri, tapi harus gotong royong oleh banyak pihak," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat melakukan peletakan batu pertama di rumah milik Hawiyah, Jumat (1/7/2022).

Menurut Ipuk, gotong royong membantu warga miskin ini adalah bentuk solidaritas sosial yang terus ditumbuhkan pemkab ke seluruh warga. 

"Sejak 2015 pemkab telah menggalakkan program bedah rumah. Tahun ini lebih dari 1500 rumah tak layak huni akan diperbaiki. Skema pembiayaannya dilakukan dengan skema gotong royong banyak pihak," tambah Ipuk. 

Tidak hanya dari pemerintah, namun pemkab juga mengajak dunia usaha untuk gotong royong melakukan bedah rumah. 

"Kami punya datanya, nanti mereka tinggal memilih mana yang akan direnovasi. Jadi, bedah rumah ini keroyokan bareng, ada yang didanai pemerintah pusat, pemkab, pemerintah desa, Baznas, dunia usaha, Bumdesma eks PNPM, dan gotong royong berbagai pihak lainnya," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Pembangunan dengan Teknologi Risha

Dalam kesempatan itu, Ipuk mengapresiasi HIPMI yang merenovasi dengan menggunakan teknologi Risha. Menurutnya, tidak hanya memperbaiki rumah namun sisi kesehatan lingkungan penghuni rumah juga diperhatikan.

"Sederhana tapi sehat. Jadi tidak hanya sekadar memperbaiki, namun hal-hal lainnya seperti sanitasi, sirkulasi udara, penyediaan air bersih, dan lainnya juga diperhatikan," jelas Ipuk. 

Selain itu, dengan metode Risha ini rumah tersebut memiliki kemampuan tahan gempa. Ditambahkan Ketua HIPMI Banyuwangi, Dede Abdul Ghany, pembangunan rumah tersebut menerapkan teknologi Risha sesuai yang dikembangkan oleh Litbang Kementerian PUPR.

"Dengan kualitas bangunan lebih baik, kami berharap bisa bermanfaat bagi warga yang mendapatkan," kata Dede.

3 dari 3 halaman

Teknologi Risha

Teknologi Risha adalah perwujudan sebuah rumah dengan desain modular, yaitu konsep yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul), dengan ukuran yang efisien agar dapat dirakit menjadi sejumlah besar produk yang berbeda-beda. 

Desain bangunan rumah dengan sistem modular ini dapat diubah-ubah atau dikembangkan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari penghuninya. Selain itu rumah sederhana tersebut mampu dibangun dengan cepat dan memiliki kemampuan tahan gempa.

"Kami percaya dengan kekompakan seluruh masyarakat, pelaku usaha, organisasi dan asosiasi hingga seluruh perusahaan yang ada di Banyuwangi bisa menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran, sehingga tercapai rebound ekonomi yang lebih baik," tambah Dede.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.