Sukses

Jakpro: Atap Tribun Sirkuit Formula E yang Roboh Masih Garansi

Liputan6.com, Jakarta - Vice Managing Direktur Formula E dari Jakarta Propertindo (Jakpro) Gunung Kartiko menyebut, atap tribun sirkuit Formula E yang roboh masih garansi dari pihak kontraktor.

"Garansi ada, pasti," ujar dia dalam jumpa pers di Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).

Gunung memastikan, Jakpro tak mengeluarkan uang untuk perbaikan atap tribun yang rusak. Dia menyebut, atap yang roboh kini tengah dalam perbaikan.

Menurutnya, sebelum ajang balap mobil listrik Formula E digelar di Jakarta pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang, atap sirkuit tersebut sudah selesai diperbaiki.

"Enggak, enggak, enggak (keluar uang untuk perbaikan) dan FEO memastikan itu," kata dia.

Lebih lanjut, Gunung memastikan bahwa insiden robohnya atap tribun tidak terkait dengan proses pembangunan sirkuit Formula E yang terlalu cepat.

"Itu enggak ada hubungannya, enggak ada korelasinya, karena itu kalau terlalu cepat pastinya ada masalah infrastruktur di bawah kan. Itu di bawahnya enggak ada masalah, itu kan kita pakai beton kan, di bawah, habis itu pakai beton dan grand standnya enggak kenapa-kenapa, itu cuma atapnya saja," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, kepolisian berencana menemui pihak kontraktor yang membangun sirkuit Formula E. Hal ini menyusul robohnya atap tribun sirkuit Formula E pada Jumat malam, 27 Mei kemarin.

"Nanti bakal jemput bola untuk memberikan saran dan masukan serta penekanan kepada kontraktor," kata Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

 

2 dari 3 halaman

Polisi Akan Minta Keterangan Kontraktor

Happy menerangkan, ia hendak meminta penjelasan kepada pihak kontraktor terkait penyebab robohnya atap tersebut dan sekaligus memberikan saran kepada pihak kontraktor agar kejadian serupa tak terulang lagi di kemudian hari.

"Kami ke sana kan mungkin pas hari kerja. Kita rencananya akan berdiskusi dan penekanan serta masukan jangan sampai pada hari H (terjadi lagi)," ucap dia.

Peristiwa robohnya atap tribun sirkuit Formula E terjadi pada Jumat kemarin sekitar pukul 23.00 WIB. Tidak ada korban dalam insiden tersebut.

"Jadi kejadian itu kemarin ya, semalam jam 11. Itu merusak atap tribun cuma tidak ada korban jiwa," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Atap Tribun Roboh Diterjang Badai

Sebelumnya, Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, membenarkan kejadian itu. Menurut Sahroni, angin kencang menjadi penyebab robohnya atap tribun itu.

"Tribun yang roboh, itu kejadian tadi malam jam 23.00 Wib, ada badai, angin kenceng dan hujan luar biasa. Tapi tadi pagi langsung dikerjakan," ujar Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni saat dikonfirmasi Merdeka, Sabtu.

Sahroni mengatakan, evaluasi akan dilakukan setelah kejadian atap tribun yang roboh. Tapi, dia memastikan bahwa tenda VIP dan VVIP di Sirkuit Formula E masih aman terkendali.