Sukses

Puan Maharani Sebut DPR Siap Fasilitasi Aspirasi Buruh

Liputan6.com, Jakarta Buruh menggelar demo di Depan Gedung DPR memperingati Hari Buruh Internasional atau Mayday 2022. Ketua DPR Puan Maharani pun mengaku siap memfasilitasi aspirasi buruh dalam demo tersebut.

"Sebagai representasi rakyat, DPR siap memfasilitasi aspirasi-aspirasi buruh," ujar Puan, Sabtu (14/5/2022).  

Peringatan mayday oleh gabungan kelompok buruh dari DKI Jakarta, Tangerang, dan Jawa Barat dilakukan di depan Gedung DPR dan puncaknya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dalam perayaan yang bertajuk May Day Fiesta.

Puan berharap peserta aksi May Day menghindari apabila ada pihak-pihak yang bermaksud melakukan provokasi. 

Mantan Menko PMK tersebut juga mengingatkan supaya demo buruh dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Menurut dia, setiap peserta aksi mayday harus memiliki kesadaran untuk menjaga dan berjaga-jaga dari penularan Covid-19.

"Tetap disiplin menggunakan masker, dan sebisa mungkin terapkan jaga jarak agar tidak menimbulkan cluster penyebaran Covid-19," ungkap Puan Maharani.

Kepada aparat keamanan, Puan meminta penjagaan demo dilakukan secara optimal. Dia berharap kepolisian mengawal dan mengamankan setiap aksi penyampaian pendapat.

"Kita berharap teman-teman buruh dapat menyampaikan aspirasi secara nyaman dan aman, dan sama-sama kita semua saling menjaga stabilitas umum," pungkas Puan.

2 dari 4 halaman

Gugatan Buruh

Massa Demo Buruh May Day Fiesta mulai memadati depan Gedung DPR MPR, Jakarta. Mereka akan menyuarakan aspirasinya mulai dari penolakan Ombibus Law UU Cipta Kerja sampai dengan Tolak Upah Murah.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (14/5/2022), massa aksi demo buruh mulai ramai di depan Gedung DPR MPR sekitar pukul 10.30 WIB. Mereka secara bersama-sama berjalan kaki di sepanjang Jalan Gatot Subroto.

Ada sebanyak lima mobil komando dari berbagai organisasi yang dikerahkan ke lokasi demonstrasi. Mereka membawa beragam atribut bendera, antara lain Partai Buruh, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan lain-lain.

Sebelum menyuarakan aspirasi, mereka memutar sejumlah musik bernada semangat dan perjuangan terlebih dahulu. Sementara spanduk besar berukuran seluruh pagar akses keluar masuk Gedung DPR MPR sudah terpasang.

 

3 dari 4 halaman

Demo di Depan DPR Berlangsung hingga 12.00 WIB

Massa demo buruh mayday yang berada di depan Gedung DPR MPR, Jakarta, membubarkan diri. Seluruhnya bergerak menuju ke Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (14/5/2022), massa demo buruh mayday itu mulai meninggalkan DPR MPR sekitar pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto datang ke tengah masa aksi dan menaiki mobil komando.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal pun menyambut keduanya dan mempersilakan keduanya memberikan sambutan ke peserta aksi.

"Kami hadir dalam kesempatan ini, saya mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, sehingga presiden KSPI bersama yang lainnya melaksanakan kegiatan di hari ini. Yang kedua, kami mengapresiasi pelaksanaan May Day Fiesta ini berjalan dengan tertib dan berjalan dengan aman, berjalan dengan lancar," tutur Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di depan Gedung DPR MPR, Jakarta.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto menambahkan, mengapresiasi kelancaran unjuk rasa yang digelar oleh para buruh. Dia berharap, seluruh aspirasi dapat diterima oleh pemangku kepentingan terkait.

"Saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. Yang kedua, selamat Hari Buruh yang dilaksanakan pada 1 Mei kemarin. Kemudian saya juga mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan unjuk rasa hari ini untuk memperjuangkan nasib para buruh. Semoga apa yang diharapkan oleh Bapak Ibu sekalian tersampaikan ke instansi atau lembaga yang menangani. Saya berharap kita semua menjadi warga negara yang lebih sejahtera dan makmur, kita doakan bersama," kata Untung.

4 dari 4 halaman

Ribuan Buruh Hadiri May Day Fiesta

 Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri gelaran acara peringatan hari buruh internasional "May Day Fiesta" yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Ditengah-tengah ribuan massa buruh yang memadati kursi stadion, Sigit turut mengucapkan selamat atas peringatan hari buruh kali ini dan beberapa harapan untuk kesejahteraan buruh.

"Dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan selamat ulang tahun untuk seluruh rekan-rekan buruh baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Semoga buruh semakin sejahtera," kata Sigit saat sambutan di acara tersebut.

Tak lupa, Sigit juga mengucapkan terima kasih kepada elemen buruh yang selama pandemi Covid-19 juga ikut andil dengan beragam kontribusinya demi percepatan penanganan covid-19.

"Mulai dari mengikuti aturan prokes, mengikuti aturan-aturan PPKM. Bahkan buruh terlibat langsung dalam kegiatan vaksinasi, dalam kegiatan untuk kepentingan masyarakat," katanya.

"Dan Alhamdulillah hari ini laju vaksinasi kita sudah mencapai 408 juta vaksin dan negara kita menjadi negara nomor 5 terbesar di dunia untuk vaksinasi. Dan ini semua bisa terjadi karena kontribusi, peran serta rekan-rekan buruh seluruh Indonesia," sambungnya.

Sigit juga turut menyampaikan sejumlah capaian yang telah berhasil dilakukan pemerintah untuk kemudian mulai memberikan kelonggaran -kelonggaran sehingga aktivitas mulai berjalan normal.

"Kegiatan aktivitas rekan-rekan buruh dalam berkarya mulai berjalan normal. Kita bisa bekerja Kembali dan bahkan kemarin semua bisa ikut melaksanakan mudik pada saat Hari Raya Idul Fitri," tuturnya.

 

Reporter: M Genantan S

Sumber: Merdeka