Sukses

3 Pernyataan Menko PMK Muhadjir Usai Pantau Arus Mudik Lebaran 2022

Menko PMK Muhadjir Effendy menyempatkan diri memantau mudik Lebaran 2022 di pos terpadu Limbangan, Garut, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Arus mudik Lebaran 2022 sudah dimulai sejak beberapa hari lalu. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK Muhadjir Effendy pun menyempatkan diri memantau mudik di pos terpadu Limbangan, Garut, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir menilai seluruh persiapan arus mudik di wilayah Garut, sudah berjalan sesuai dengan harapan pemerintah.

"Garut ini sampel seberapa jauh daerah-daerah melaksanakan arahan dari Bapak Presiden dalam kaitannya penanganan mudik 2022 setelah 2 tahun tidak pernah mengalami mudik," ujar Muhadjir, Jumat 29 April 2022.

Berdasarkan laporan dari penjelasan Bupati, Kapolres, dan pejabat terkait lainnya, Menko Muhajdir menilai seluruh tahapan persiapan mudik di jalur Limbangan-Malangbong telah dilakukan dengan baik.

Selain itu, Muhadjir meminta kepada kalangan media terus mengampanyekan keuntungan jalur mudik pantai selatan Jawa, khususnya jalur via Garut di wilayah pesisir selatan Jawa Barat.

"Saya meminta rekan-rekan wartawan ikut menyebarluaskan, mengampanyekan jalur pantai selatan yang sangat indah, mulus, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemudik ini," kata dia.

Tak hanya itu, Muhadjir mengungkapkan, kesuksesan mudik Lebaran 2022 dapat menjadi kepercayaan diri Indonesia menuju endemi Covid-19. Saat ini, Indonesia pun tengah berupaya dalam fase transisi endemi.

"Kalau mudik ini nanti sukses. Dalam arti, perjalanannya tidak banyak kendala apalagi Covid-19 tidak meningkat, maka kita punya rasa kepercayaan diri untuk menuju endemi," ucap Muhadjir.

Berikut sederet pernyataan Menko PMK Muhadjir Effendy usai memantau aru smudik Lebaran 2022 dihimpun Liputan6.com:

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pastikan Arus Mudik Wilayah Garut Sesuai Prosedur

Dalam pantauan arus mudik lebaran 2022 di Garut, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK Muhadjir Effendy menilai seluruh persiapan arus mudik di wilayah Garut, sudah berjalan sesuai dengan harapan pemerintah.

"Garut ini sampel seberapa jauh daerah-daerah melaksanakan arahan dari Bapak Presiden dalam kaitannya penanganan mudik 2022 setelah 2 tahun tidak pernah mengalami mudik," kata dia.

Berdasarkan laporan dari penjelasan Bupati, Kapolres, dan pejabat terkait lainnya, Menko Muhajdir menilai seluruh tahapan persiapan mudik di jalur Limbangan-Malangbong, dilakukan dengan baik. Mulai tata kelola lalu lintas, ketersediaan bahan bakar minyak hingga mitigasi datangnya ancaman bencana.

"Kemudian kondisi Covid Garut adalah di level 1, vaksinasinya di atas 90 persen semua, untuk vaksin ketiga booster sudah menuju ke 40 persen, ini sangat mendukung," kata dia.

Dengan kondisi itu, kehadirannya di Garut mampu menjadi pemicu daerah lainnya, untuk mempersiapkan dan memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh pemudik selama masa mudik Lebaran 2022.

"Mudah-mudahan yang terjadi di Garut ini, juga menggambarkan yang sama untuk kabupaten dan kota yang lain," ucap Muhadjir.

 

3 dari 4 halaman

2. Ajak Warga Mudik Lintas Pantai Selatan Jawa

Kemudian Muhadjir meminta kalangan media terus mengampanyekan keuntungan jalur mudik pantai selatan Jawa, khususnya jalur via Garut di wilayah pesisir selatan Jawa Barat.

"Saya meminta rekan-rekan wartawan ikut menyebarluaskan, mengampanyekan jalur pantai selatan yang sangat indah, mulus, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemudik ini," ujar dia.

Menurutnya, keberadaan jalur mudik pantai selatan Jawa belum dimaksimalkan kalangan pemudik, padahal sepanjang jalur itu dikenal memiliki infrastruktur jalan yang baik dengan pemandangan alam yang indah.

"Tadi saya juga memantau lewat udara, memang jalur pantai selatan masih sepi," kata dia.

Muhadjir menyatakan, meskipun di beberapa titik masih ditemukan adanya blank spot dengan buruknya jaringan koneksi, tetapi hal itu bukan hambatan utama yang mengganggu pemudik saat melintasi jalur mudik pantai selatan Jawa.

"Sebenarnya sulitnya (jaringan) tidak lama, setelah itu akan mendapatkan jalan yang lurus tidak mendapatkan hambatan, mestinya ini kesempatan yang baik buat pemudik," ujar dia meyakinkan.

Dengan segudang kelebihan terutama saat mudik Nasional 2022 kali ini, Muhajir meminta semua pihak termasuk kalangan media, mampu mengajak pemudik mencoba jalur mudik pantai selatan Jawa.

"Mari yakinkan masyarakat agar lewat jalur selatan yang lebih nyaman indah sudah banyak warung yang tersedia," kata Muhadjir.

 

4 dari 4 halaman

3. Mudik Sukses Bikin Percaya Diri Menuju Endemi

Terakhir, Muhadjir mengungkapkan, kesuksesan mudik Lebaran 2022 dapat menjadi kepercayaan diri Indonesia menuju endemi Covid-19.

"Kalau mudik ini nanti sukses. Dalam arti, perjalanannya tidak banyak kendala apalagi Covid-19 tidak meningkat, maka kita punya rasa kepercayaan diri untuk menuju endemi," ungkap Muhadjir.

Menurut dia, saat ini, Indonesia pun tengah berupaya dalam fase transisi endemi.

"Marilah, kita support (dukung) ramai-ramai mudik tahun ini sebagai momentum untuk Indonesia bangkit menuju masa endemi," jelas Muhadjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.