Sukses

Top 3 News: Klarifikasi Fadli Zon, Tampik Danai Kelompok Teroris

Fadli Zon mengatakan isu tersebut adalah fitnah dan foto yang beredar merupakan foto pada 2015.

Liputan6.com, Jakarta Politikus Partai Gerindra Fadli Zon angkat suara saat dikabarkan telah mendanai kelompok teroris menjadi berita terpopuler di kanal News Liputan6.com Jumat 18 Maret 2022. Isu ini mencuat setelah tersebar fotonya dengan salah satu terduga teroris yang diamankan Densus 88 beberapa waktu lalu.

Dalam klarifikasinya dia mengatakan uang tersebut merupakan hasil penggalangan dana yang dipimpin oleh Ustaz Bachtiar Nasir untuk pengungsi Suriah di perbatasan Turki.

Saat itu Ustaz Bachtiar Nasir menceritakan soal kondisi para pengungsi ketika dirinya masih menjadi Wakil Ketua DPR.

Fadli Zon mengungkapkan alasan FIPS meminta dia untuk menyerahkan uang tersebut, karena dirinya sebagai wakil rakyat yang pantas untuk menyerahkan uang tersebut.

Berita terpopuler kedua di top 3 news yang tak kalah menuai sorotan terkait gempa bumi yang getarkan sejumlah wilayah di Tanah Air.

Gempa pertama mengguncang Bayah, Banten dengan kekuatan magnitudo 5,1. Getarannya bahkan terasa hingga Depok, Bogor, dan Tangerang dalam skala 1-II MMI (Modified Mercalli Intensity). Pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 137 kilometer.

Gempa juga menggoyang Kecamatan Wula-Waijelu, Sumba Timur, NTT dengan magnitudo 4. Berpusat di darat, lindu berada di kedalaman 18 kilometer dari permukaan laut.

Terkait hilangnya penyanyi lawas era tahun 80'an Dina Mariana juga banyak menyita sorotan publik. Kabar tersebut pertama kali diembuskan oleh Muhammad Kadri, seorang pengacara lewat akun Facebooknya.

Dikatakan Dina Mariana telah diculik orang saat tengah menunggu untuk dijemput sang suami di Jalan Cik Ditiro, Kamis malam, 17 Maret 2022. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 18 Maret 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Fadli Zon Tegaskan Tak Pernah Danai Kelompok Teroris

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon menampik dirinya terlibat dengan kelompok teroris dan memastikan tidak pernah menyumbang atau mendanai kelompok teroris manapun.

Saat ditemui di kediamannya di Lubuak Batingkok, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Fadli Zon mengatakan bahwa isu tersebut adalah fitnah dan foto yang beredar merupakan foto di tahun 2015.

"Sebagai Wakil Ketua DPR saat itu saya setiap hari menerima delegasi dari berbagai macam golongan masyarakat, ketika itu seingat saya dari Forum Indonesia Peduli Syams (FIPS)," kata Fadli Zon seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa saat itu FIPS yang dipimpin Ustaz Bachtiar Nasir menggalang dana untuk pengungsi Suriah di perbatasan Turki.

Namun, karena dana itu digalang dari masyarakat, mereka meminta waktu kepada saya dan Saudara Fahri Hamzah yang ketika itu Wakil Ketua DPR juga untuk diterima dan saya terima.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Hari Ini Jumat 18 Maret 2022 Guncang Bayan Banten dan Sumba Timur NTT

Ada dua wilayah di Tanah Air yang diguncang gempa hari ini, Jumat (18/3/2022). Hingga pukul 21.45 WIB, masing-masing lindu terjadi di Kecamatan Bayah, Banten dan Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gempa bumi pertama yang getarkan Bayah, Banten dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berkekuatan magnitudo 5,1. 

Pusat lindu terjadi di darat dan guncangannya terasa hingga kesejumlah wilayah. Bogor, Depok, Karawaci, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Pandeglang dalam skala 1-II MMI (Modified Mercalli Intensity), sementara Cibaliung II-III MMI.

Sedangkan lindu kedua getarkan Kecamatan Wula-Waijelu, Sumba Timur, NTT dengan magnitudo 4.

"Pusat gempa berada di darat 35 km timur laut," kata BMKG.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Viral Artis Dina Mariana Diduga Jadi Korban Penculikan, Ini Fakta Sebenarnya

Sebuah pesan berantai yang mengabarkan hilangnya seorang penyanyi bernama Dina Mariana viral  di jagad maya. Dina disebut menjadi korban penculikan dan dihipnotis oleh orang tidak dikenal. 

"Dina Mariana (penyanyi) tadi malam (17 Maret 2022) selepas acara di Cafe Merah Putih di Jln. Cik Ditiro saat menunggu dijemput suami, telah diculik orang (kemungkinan dihipnotis). Suaminya sudah melapor ke kantor polisi. Sampai sekarang Dina belum kembali," tulis pemilik akun media sosial, @thekadrimohamad seperti dilihat, Jumat (18/3/2022). 

Pemilik akun menyampaikan, bagi yang mengetahui keberadaan Dina Mariana segera mengubungi suaminya Radian Ratulangi. Kasus ini telah dilaporkan ke Polsek Metro Menteng.  

Terkait hal ini, Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto  meluruskan infomasi yang beredar. Dia menyampaikan, pihak keluarga saat itu membuat laporan terkait hilangnya Dina Mariana.

"Tidak ada penculikan. Cuma laporan orang hilang," kata Sam dalam keterangannya, Jumat (18/3/2022).

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.